PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SQ4R (SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 2 SINGARAJA

N. K. J. Antini, I. M. Ardana, I. G. N. Y. Hartawan

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran SQ4R berbantuan peta konsep lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 313 orang siswa yang tersebar ke dalam 10 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling untuk memperoleh 66 orang siswa yang tersebar ke dalam 2 kelas sebagai sampel penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh menggunakan tes dengan bentuk uraian. Data dianalisis menggunakan Uji-t satu ekor pada taraf signifikan 5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3, 3418 lebih dari ttabel = 1, 9977, sehingga H0 ditolak. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Singaraja yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran SQ4R berbantuan peta konsep lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.

 

Kata kunci: peta konsep, pemahaman konsep matematika, SQ4R.

 

 

Abstract

The aimed of this study is to find out whether students’ comprehension of mathematical concept taught by using SQ4R strategy assisted by concept mapping is better than students comprehension of mathematical concept taught by using conventional strategy at tenth grade students of SMA Negeri 2 Singaraja. This study was an experimental study and the design of this study was posttest only control group design. The population of this study was tenth grade students of SMA Negeri 2 Singaraja which consist of 313 students which distributed into ten classes. The sampling technique of this study was cluster random sampling technique to get two classes as the sample of this study. Then, the samples of this study were X MIPA 1 as experimental group and X MIPA 2 as control group. The data of students’ comprehension of mathematical concept was acquired by conducting test in form of essay. The data were analyzed by using One-tailed T-test at significant standard 5%. The result of hypothesis test showed that tcount = 3.3418 more than ttable = 1.9977, therefore H0 was refused. From the result of data analyzed can be concluded that students’ comprehension of mathematical concept taught by using SQ4R strategy assisted by concept mapping is better than students’ comprehension of mathematical concept taught by using conventional strategy at tenth grade students of SMA Negeri 2 Singaraja.

 

Keywords: concept mapping, comprehension of mathematical concept, SQ4R.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v8i1.2841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar