Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berorientasi Kearifan Lokal terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas VIII di SMP Kecamatan Kuta Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

I KETUT GEDE BIRAWA ANURAGA ., Prof. Dr.I Nengah Suparta,M.Si ., Prof. Dr. Phill.I Gst. Putu Sudiarta, M. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) berorientasi kearifan lokal terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar matematika kelas VIII di SMP Kecamatan Kuta ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuta Badung dan SMPK Soverdi Tuban Badung semester 1 tahun pelajaran 2012/2013, dengan rancangan randomized subjects posttest only control group design dan faktorial 2x3 sebagai desain analisisnya. Kelas yang digunakan sebagai sampel ditentukandengan teknik random sampling.
Variabel bebas dalam penelitian ini, model pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi kearifan lokal yang dikenakan pada kelompok eksperimen dan model pembelajaran kooperatif tipe stad yang dikenakan pada kelompok kontrol. Sedangkan motivasi belajar berperan sebagai variabel moderator, yang dipilah menjadi tiga tingkatan, yaitu motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. Sebagai variabel terikat adalah prestasi belajar matematika. Data motivasi belajar siswa dikumpulkandengan kuisioner motivasi belajar dan data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar matematika. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan varians (ANAVA ) dua jalur.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. (1) Secara keseluruhan, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad ( Fh = 17,297 lebih besar dari Ft = 3,912), (2) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad (t Dunnet hitung adalah 3,567 lebih besar dari t Dunnet tabel sama dengan 2,260), (3) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar sedang, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad (t Dunnet hitung adalah 2,284 lebih tinggi daripada dari t Dunnet tabel sama dengan 2,260, (4) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi kearifan lokal lebih tinggi daripada siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad (t Dunnet hitung adalah 2,371 lebih tinggi daripada dari t Dunnet tabel sama dengan 2,260, (5) Terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa (FAB = 3,134 lebih besar dari Ft = 3,064)
Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa model pembelajaran dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika. Selanjutnya disarankan kepada guru matematika untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad berorientasi kearifan lokal sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar Matematika.

This research has to determine the effect of the application of cooperative learning model student teams achievement divisions (STAD) local -wisdom oriented towards mathematics achievement in terms of motivation to learn mathematics in the junior class VIII Kuta district in terms of motivation to learn. This experimental study conducted at SMP Negeri 2 Kuta Badung and SMPK soverdi Tuban 1st semester of academic year 2012/2013, with randomized subjects posttest only control group design and as a 2x3 factorial design analysis. The classes which were used as a sample were determined by random sampling technic.
The independent variable in this study, cooperative learning model stad oriented local wisdom imposed in the experimental group and cooperative learning model stad imposed in the control group. Motivation to learn while acting as a moderator variable, which is divided into three levels, namely motivation high, medium and low. The dependent variable was mathematics achievement. The data of students motivation to learn were gathered by using motivation to learn quisioners. The data of students mathematics achievement were collected by using a math achievement test. The collected data were analyzed by variance (ANOVA) two paths.
.
The results showed as follows. (1) Overall, the mathematics achievement of students with cooperative learning model stad oriented local knowledge is higher than the cooperative learning model stad (Fb = 17.297 is greater than Ft = 3.912), (2) In the group of students who have the motivation to learn high mathematics achievement of students with cooperative learning model stad oriented local wisdom higher than students with cooperative learning model stad (Dunnet t count is larger than the 3.567 t Dunnet same table with 2,260), (3) In the group of students who have moderate learning motivation, learning mathematics achievement of students with cooperative learning model stad oriented local wisdom higher than students with cooperative learning model stad (Dunnet t count was 2,284 higher than that of the same table with the Dunnet t 2.260, (4) In the group of students which has a low learning motivation, learning mathematics achievement of students with cooperative learning model stad oriented local wisdom higher than students with cooperative learning model stad (Dunnet t count was 2,371 higher than that of the same table with the Dunnet t 2.260, (5) There is significant interaction effect between the model of learning and motivation to learn the mathematics achievement of students (FAB = 3.134 greater than Ft = 3.064).
Based on these research findings, it was concluded that the model of learning and motivation has a significant effect on mathematics achievement. Suggested to math teachers to use cooperative learning model stad oriented local knowledge as an alternative in learning mathematics.

keyword : Learning Method, Motivation of Learning, and Mathematical Learning Achievement.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google Scholar