PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TRIKAYA PARISUDHA BERBASIS MASALAH TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS 2) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial, dan 3) pengaruh model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent posttest only control group. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD di Gugus IV Kecamatan Susut yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 115 siswa. Selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan teknik Random Sampling dan didapatkan 2 sekolah dengan jumlah 45 siswa yang terdiri dari SD Negeri 3 Abuan sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 26 siswa dan SD Negeri 2 Susut sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 19 siswa. Data sikap sosial siswa dikumpulkan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara simultan, terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS. 2) terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap sikap sosial, dan 3) terdapat perbedaan model pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa moel pembelajaran Trikaya Parisudha berbasis masalah berpengaruh positif terhadap sikap sosial dan hasil belajar IPS.
Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis masalah, trikaya parisudha, sikap sosial, hasil belajar IPS
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A. G. 2017. Evaluasi Pendidikan. Edisi-4. Singaraja: Undiksha.
Anisabellah. 2017. “Pengaruh Sikap Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siwa Kelas VIII Di MTs AL-Maarif 01 Singosari Malang”. Tersedia pada http://etheses.uin-malang.ac.id/9239/1/13130118.pdf (diakses pada 20 Februari 2019).
Astawan, I G, I Gusti Putu Suryadarma, dan Sujarwo. 2018. Teori dan Aplikasi Model Pembelajaran Trikaya Parisudha di Sekolah Dasar. Singaraja: Undiksha Press.
Ibrahim. 2017. “Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make – A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan”. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 199-211).
Fathurrohman. 2006. “Model-model Pembelajaran”. Tersedia pada http://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf (diakses pada 20 Februari 2019) .
Lestari, Dwi. 2015. “Identifikasi Sikap Sosial Siswa Kelas V Sd”. Tersedia pada http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/517/483. (diakses pada 15 Januari 2018) .
Ruhimat, Ibrahim dkk 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Rufaida, D. 2013. “Pengembangan Sikap Sosial Siswa Menggunakan Pendekatan Pakem Pada Pembelajaran IPS Kelas Vb Sd Negeri Mangiran, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul”. Tersedia pada https://eprints.uny. ac.id /15615/. (diakses tanggal 15 Januari 2019).
Santyasa, I W. 2005. Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Suherman. 2014.“Implementasi Kurikulum Baru Tahun 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani”. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1. Nomor 1 (hlm 71-76)
Surahman, E. dan Mukminan 2017. “Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP”. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 4, Nomor 1 (hlm. 1-13).
Susanto, A. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Styanto, E. 2006. “Memperkenalkan Kembali Metode Eksperimen dalam Kajian”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 3. Nomor 1 (hlm 37-48)
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasiona. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.