PENGARUH MODEL TPS BERMUATAN KEARIFAN LOKAL MENYAMA BRAYA TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGETAHUAN IPS
Abstract
Masalah rata-rata skor penguasaan kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV Gugus II Kecamatan Abiansemal tergolong rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS bermuatan kearifan lokal menyama braya terhadap sikap sosial dan penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siswa. Penelitian ini merupakan penelitian, eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD di Gugus II kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD No 1 Selat berjumlah 41 orang sebagai kelas eksperimen dan SD No 1 Punggul berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data sikap sosial dilakukan dengan menggunakan metode non tes berupa kuesioner dan pengumpulan data penguasaan kompotensi pengetahuan IPS dilakukan dengan menggunakan metode tes berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan inferensial (ANAVA-A dan MANOVA). Rata-rata skor sikap sosial siswa kelas eksperimen 148,78 termasuk dalam katagori tinggi dan di kelas kontrol 126,30 termasuk dalam katagori cukup sedangkan rata-rata penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siwa di kelas eksperimen 25,61 termasuk dalam katagori baik dan di kelas kontrol 20,60 termasuk dalam katagori cukup. Hasil hipotesis I menunjukkan bahwa F = 89,331, Hasil hipotesis II menunjukkan bahwa F = 114,964, dan Hasil hipotesis III menunjukkan bahwa F = 2118,488. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS bermuatan kearifan lokal menyama braya terhadap sikap sosial dan penguasaan kompotensi pengetahuan IPS siswa kelas IV Gugus II Kecamatan Abiansemal Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: TPS, kearifan lokal menyama braya, sikap sosial, kompotensi pengetahuan IPS
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A Gede. 2016. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Pendidikan Ganesha.
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Nurdin, Syafruddin, dkk. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sekarini, Ni Made Dewi. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Penatih”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Volume 2 Nomor 1, (hlm 1-10).
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Suardika, I Nengah. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha.
Suja, I Wayan. 2010. Kearifan Lokal Sains Asli Bali. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Widarta, Atmadja, Wahyuni, 2017. “Memaknai Kearifan Lokal Menyama Braya Sebagai Landasan Sistem Pengendalian Manajemen Pada Starlight Restaurant & Bungalows”. Jurusan Akuntansi Program S1. Universitas Pendidikan Ganesha.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.