PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA QUESTION CARD TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya sikap sosial siswa yang mempengaruhi hasil belajar siswa dan akhirnya hasil belajar siswa tidak mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media question card terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah 205 siswa. Setelah dilakukan uji kesetaraan selanjutnya ditentukan sampel dengan menggunakan Teknik random sampling dan dididapatkan 2 sekolah dengan jumlah 55 siswa yang terdiri dari SD Negeri 2 Kaliakah menjadi kelompok eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan SD Negeri 5 Berangbang sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode non test dan test. Metode non test menggunakan instrument kuesioner sikap sosial dan metode test menggunakan instrumen tes hasil belajar PKn dalam bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial ( MANOVA). Adapun rata-rata skor sikap sosial siswa di kelas eksperimen adalah 111,16 berada pada kategori baik dan di kelas kontrol 89,96 berada pada kategori cukup sedangkan, rata-rata hasil belajar PKn siswa di kelas eksperimen adalah 24,5 berada pada kategori sangat baik dan di kelas kontrol 16,43 berada pada kategori cukup. Hasil penelitian ini dikuatkan berdasarkan perhitungan uji MANOVA yang memperoleh hasil F pada hipotesis I sebesar 48,229, F pada hipotesis II sebesar 85,807, dan F pada hipotesis III sebesar 2793,959 yang seluruhnya memiliki Signifikansi sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation berbantuan media question card terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: group investigation, hasil belajar PKn, sikap sosial, question card
Full Text:
PDFReferences
Ardani, N.P.M,dkk. 2014. “Pengaruh Model Kooperatif TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.2, No.1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2275/1970. (Diakses pada 19 Januari 2019).
Ariawan, K.D., dkk. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di Desa Sidetapa”. Journal Pendidikan Guru sekolah Dasar fakultas ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.4, No.1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6609. (Diakses pada 31 Januari 2019).
Elmubarok, Zaim. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.
Mushoddik, dkk.2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MAN 6 Jakarta”. Tersedia pada http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/index. (Diakses pada 12 Juni 2019).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. 2006. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.
Pranata, Elga, dkk. 2015. ”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar Siswa”. Journal Pendidikan Guru sekolah Dasar fakultas ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3,No.1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5808. (Diakses pada 19 Januari 2019).
Renda, Ndara Tanggu & Eka Widiastini. 2017. Pembelajaraan PPKn SD. Singaraja: Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Rustina, S. Pt. Bagus, Dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sd Gugus II Tampaksiring” E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1916/1665. (Diakses pada 1 April 2019).
Sarwono, Sarlito W. 2017. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.
Sastriawan, I Gusti Nyoman, dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2012/2013”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2011/1752. (Diakses pada 1 April 2019).
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2007. Jakarta: Sinar Grafika.
Virani, Ida Ayu Dewi. 2016. “Deskripsi Sikap Sosial Siswa Kelas IV Sd Negeri 4 Penarukan Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng”. Journal Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.4, No,1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/7699. (Diakses pada 20 Januari 2019).
Wiryarta, Nyoman Saka, dkk. 2014. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbasis Penilaian Proyek Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sd Gugus Srikandi Denpasar Timur” .e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1949/1696 (Diakses pada 1 April 2019).
Yunita, A.A.Ayu Nevi Yuli, dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sdn 21 Dauh Puri”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2232/1931. (Diakses pada 1 April 2019).
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2877
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.