PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 213 orang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling, dan yang dirandom adalah kelas sebagai intac grup, sehingga didapatkan siswa kelas V SD N 1 Anturan sebagai eksperimen dan kelas V SD 3 Kalibukbuk sebagai kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Data yang sudah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji-t. Dari analisis data ditemukan bahwa terdapat nilai thitung yaitu sebesar 27,382 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,021 Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together berorientasi Tri Hita Karana dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan model Numbered Head Together berorientasi Tri Hita Karana terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Selain itu berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa mean kelompok eksperimen lebih besar dari mean kelompok control (25,46> 14,38). Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar PKn siswa Kelas V SD di Gugus XV Kecamatan Buleleng.
Kata Kunci: hasil belajar PKn, NHT, THK
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, Vivi. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together
(NHT) terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV SD Negeri 33 Negerikaton”. Skripsi. Tersedia
pada http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13289. Diakses pada 22
Januari 2019.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Wiana, Ketut. 2007. Cara Belajar Agama Hindu yang Baik. Denpasar: Yayasan Dharma Narada.
Huda,Miftahul.2014.CooperatifLearning.Pustaka.Pelajar.Yogyakarta.
Isjoni. 2007. cooperative Learning efektivitas Pembelajaran Kelompok Bandung: Alfabeta
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam kurikulum 2013 Yogyakarta: ArRuzz Media.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Prenadamedia Group.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2879
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.