PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KEWIRAUSAHAAN SOSIAL (SOCIAL ENTREPRENEURSHIP)
Abstract
Penelitian bertujuan: (1) Menganalisis kondisi nyata pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Singaraja; (2) Menganalisis langkah-langkah dan proses pengembangan bahan ajar dan kelayakan bahan ajar IPS berbasis Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) di SMP Negeri 6 Singaraja; dan (3) Menganalisis efektivitas produk yang dihasilkan terhadap minat Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) siswa di SMP Negeri 6 Singaraja. Metode Penelitian menggunakan R&D (Educational Research and Develop) terbatas pada tahap define, design, dan develop. Rancangan penelitian Ekperimen Posttest-only control design melihat efektivitas penerapan handout. Sampel penelitian kelas 7.1 dan 7.2 total 60 siswa. Validitas Handout dan instrumen dengan Uji Gregory. Analisis data kualitatif untuk melihat tahap pertama dan tahap kedua (define dan design), dan analisis kuantitatif untuk analisis tahap develop. Hasil Penelitian: (1) Define, kondisi pembelajaran IPS di SMP Negeri 6 Singaraja, Silabus, RPP, jumlah Guru, dan bahan ajar yang digunakan. (2) Design handout dan Instrumen angket penelitian untuk Uji Judges dan Gregory. (3) Develop, validasi 1,00 > 0,70, handout berbasis Kewirausahaan Sosial valid secara isi dengan beberapa revisi. Untuk hasil uji judges instrumen minat belajar IPS, dari hasil validasi diketahui hasilnya 0,72 > 0,70, maka instrumen minat valid secara isi dengan beberapa revisi. Materi Handout siap untuk diberikan pada kelas eksperimen. Efektivitas penerapan handout menggunakan uji t-test dengan nilai sig (2-tailed) 0,000 ( 0,00 < 0,05) maka ada perbedaan antara minat siswa kelas 7.1 dan 7.2. Hasil analisis kuantitatif rata-rata persentase intrumen minat siswa kelas 7.1 adalah 89% > kelas 7.2 74,23% berarti handout berbasis kewirausahaan sosial sangat efektif dalam meningkatkan minat siswa kelas 7 pada Kompetensi Dasar 3.3 Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi, dengan Materi Pokok “Kewirausahaan”.
Kata kunci: Handout; Kewirausahaan Sosial; Minat; R & D
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman
Castignetti, Melina. 2019. “Understanding Social Entrepreneurship Based on Self-Evaluations of Organizational Leaders – Insights from an International Survey”. Journal of Social Entrepreneurship. Volume 10, Issue 3, Tahun 2019.
Dacin, A. Peter et.al. 2010. “Social Entrepreneurship: Why We Don’t Need a New Theory and How We Move Forward From Here”. https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&as_vis=1&q=social+entrepreneurship+research+2018&btnG=#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3Dh2ct7Rqr2dkJ. Academy of Management Perspectives 24 (3). (page 37-57). Diunduh tanggal 24 Oktober 2018.
Dees, J.G. 2002. Blurring Sector Boundaries: Serving Social Purposes through For Profit Structures‟. North Carolina: Center for the Advancement of Social Entrepreneurship, Duke University, Fuqua School of Business. CASE Working Paper Series No. 2
Ma’ruf, Hadi. 2013. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Dimediasi Sikap Wirausaha(studi kasus pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tahun Ajaran 2012/ 2013). Tesis, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang.
Nicholls, Alex. 2006. Social Entrepreneurship Journal: New Models of Sustainable Social Change.New York: Oxford University Press.
Noviyanti, Mery. 2011. Jurnal pendidikan, Vol.12 No.2, : Pengaruh motivasi dan keterampilan Berkomunikasi terhadap presentasi belajar mahasiswa pada tutorial Online berbasis pendekatan kontekstual pada mata kuliah statistika pendidikan.
Octiara, Dwinta. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial di kelas VII SMP”. Jurnal Tesis Universitas Lampung. Tahun 2017
Palesangi, Muliadi. 2011. “Pemuda Indonesia dan Kewirausahaan Sosial”. Jurnal Bina Ekonomi. Volume 16, Nomor 1, Tahun 2012
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Popham, W. James. 2003. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahan). Jakarta: Rineka cipta.
Premana, I Made Yudi. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D Untuk Bidang Keahlian Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis. (Tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Purwanto. 2007. Pengembangan Modul. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Depdiknas, Jakarta. http://issuu.com/download-bse/docs/buku_pengembangan_modul_full. Diakses :10 Desember 2019
Rahmawaty, Penny. Dyna, Herlina Suwarto. M.Lies, Endarwati. 2012. “Pengembangan Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Melalui Kewirausahaan Sosial (sociopreneurship)”.Jurnal Ilmiah Universitas Negeri Yogyakarta.Yogyakarta.
Rowntree, Derek. 1994. Teaching throught Self-Instruction How to develop open learning materials. (revisi ed.). New York: Kogan Page London Nicholas Publishing.
Saidiharjo dan Sumaji, HS. 1996. Konsep Dasar Ilmu Pengetahun Sosial, FIP IKIP,Yogyakarta
Sapriya. 2009. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Cetakan. II; Jakarta: Rineka Cipta.
Sledzik, Karol. 2013. “Schumpeter‟s View on Innovation and Entrepreneurship”, Journal of Social Science Research Network.
Soemantri, M.N. 2001. Menggagas Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sofia, Paramita Irma. 2015. “Konstruksi Model Kewirausahaan Sosial (Social Entrepreneurship) sebagai Gagasan Inovasi Sosial Bagi Pembangunan Perekonomian”. Jurnal Universitas Pembangunan Jaya. Volume 2, Nomor 2, Maret 2015
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sumantri, Mohammad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Sekolah Dasar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahir, Muh. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makasar: Universitas Muhamadiyah Makasar.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Utomo, Hardi. 2015. “Menumbuhkan Minat Kewirausahaan Sosial”. Jurnal Ilmiah
Among Makart. Salatiga: STIE AMA Salatiga Volume 7, Nomor 14, Desember 2014
Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Kompetindo.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.