PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPS UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP WIRAUSAHA SISWA BERBASIS STUDI KELAYAKAN BISNIS

Putu Artha Wirawan, I Gede Astra Wesnawa, I Wayan Kertih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis studi kelayakan bisnis, untuk meningkatkan sikap wirausaha. Lokasi penelitian SMP Negeri 6 Singaraja,  model penelitian R&D pendidikan, tahap define, design, dan develop.  Penelitian Ekperimen  dengan  Posttest-only control design. Populasi, berjumlah 357. Sampel melalui  uji T-test independent, diperoleh kelas 7.3 dan 7.4 berjumlah 60 orang siswa.  Validitas Handout dan instrument dengan Uji Gregory,  Subjek  uji coba pada judges. Analisis data kualitatif dan analisis kuantitatif, untuk melihat efektifitas handout digunakan uji t-test independent. Hasil Penelitian pada tahap  develop, diperoleh hasil hasil (validity content) diperoleh 1,00 > 0,70,valid secara isi. Hasil uji judges instrument sikap, hasil (validity content) diperoleh 0,72 > 0,70, instrument valid secara isi. Hasil uji T-test independent diketahui nilai sig (2-tailed) adalah 0,00 ( 0,00 < 0,05)  ada perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol, rata-rata persentase 84, 61% . Handout berbasis studi kelayakan bisnis efektiv meningkatkan sikap wirausaha siswa.

Kata kunci: Handout; Sikap Wirausaha; Studi Kelayakan Bisnis


Full Text:

PDF

References


Agustin, Mubiar.2011.Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran (Panduan untuk Guru,Konselor,Psikolog,Orang Tua dan Tenaga Kependidikan).Bandung:PT Refika Aditama.

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Alma, Buchari. 2008. Kewirausahaan (Untuk Mahasiswa dan Umum). Alfabeta. Bandung

Amirullah, dan Imam Hardjanto, 2005. Pengantar Bisnis, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Bintoro, Arief. 2015. “Studi Kelayakan Produk Baru : Ban 12.00 R24 DI PT GTR”. Jurnal PASTI. Volume VIII, No 1, Tahun 2009 (122-141)

Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. Fifth Edition. New York and London: Longman

Boone, Louis E, David L Kurtz. 2007. Pengantar Bisnis Kontemporer, Edisi ke Sebelas. Jakarta: Selemba Empat.

Buchari Alma, 1993, Pengantar Bisnis, Bandung, AlfaBeta.

Darmawan, Ricky. 2015. Pengaruh Minat Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wonolopo Tahun Ajaran 2014/2015. Thesis, Universitas Muhammaiyah Surakarta.

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Ditjen Dikdasmenum. Jakarta.

Fitria, Lisie, Bakar Abu dan Ferdiansa. 2013. “ Analisis kelayakan usaha Pembuatan Seragam Sekolah Di Desa panyirapan Soreang Kabupaten Bandung”. Jurna Online Institut Teknologi Nasional. Bandung : Volume 1, Nomor 2, Oktober 2013.

Freddy Rangkuti. 2012. Studi Kelayakan Bisnis & Investasi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 1992a. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. 1992b. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hand Jojo, Suito Eko, Syarief Risal dan Sugiono. 2017. “Analisis Kelayakan Bisnis Usaha The Papua (Vernonia Amy Geda Lina)”. Jurnal Manajemen IKM Lokasi di Bogor : Volume 12, Nomor 2, September 2017 (145-150)

Herawati, Novi. 2012. “ Pelaksaan Program Bisnis Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kewirausahaan Siswa Di SMP Negeri 1 Godang Kabupaten Tulungagung” Tesis Magister Pendidikan IPS Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Tulungagung.

Husain, I Rustam, Unohamzah dan K. M’ruf Rahman Abd. 2017. “Pengembangan Bahan AjarIPS Berbasis Wesite untuk Siswa kelas VII Madrasah Sanawiah Negeri Gorontalo”. Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Volume 02, Nomor 1, Februari 2017

Ismail, Arif. 2008. Model-Model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakfar dan Kasmir. 2012. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta : Kencana

Kertih, I Wayan. 2015. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi

Mata Pelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Bali. Disertasi Universitas Pendidikan Indonesia

Koyan, I Wayan. 2007. Analisis Pengembangan Instrumen. Makalah: Jakarta: S3

PEP UNJ.

Kuat, Tri. 2015. “Penumbuhan Jiwa Kewirausahaan Melalui Praktik Bisnis di Business Center (Studi Kasus SMK Muhammadiyah 2 Surakarta)”. Journals.ums.ac.id

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik Pendidikan IPS Dalam Perspektif Kontekstual Empiris. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.

Maryani, Enok dan Syamsudin, Helius. 2009. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial”. Jurnal UPI Bandung Program Doktor, Bandung: Volume 9 No 1 April 2009.

Miles, M.B dan Hamberman ,A.M. 1992.Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.

Mulyani, Endang. 2011. “Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Volume 8, Nomor 1, April 2011. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

NCSS. 1994. Curriculum standars for social studies: Expectation of excellence. Washington.

Nursid Sumaatmadja. 1980. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: ALUMNI.

Nurjanah, Santi. 2013. “ Studi Kelayakan Pengembangan Bisnis pada PT Dagang Jaya jakarta”. Journal The Winners. Jakarta: Volume 14, Nomor 1, Maret 2013 ( 20-28)

Octiara, Dwinta. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar IPS Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial di Kelas VII SMP”. Jurnal Program Studi Magister Pendidikan IPS. Lampung: Universitas Lampung.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Premana, I Made Yudi. 2013. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran Produksi Gambar 2D Untuk Bidang Keahlian Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan. Tesis. (Tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Rohmawati, Afifatu. 2015. “Efektivitas Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Jakarta: Volume 9, Nomor 1, April 2015.

Saidiharjo dan Sumaji, HS, 1996, Konsep Dasar Ilmu Pengetahun Sosial, FIP IKIP, Yogyakarta

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung: Rosdakarya

Soemantri, M.N. 2001. Menggagas Pembaruan Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana, 1995, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT. Remaja Rosda Karya..

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, 2001, Kewirausahaan, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Sulastri, Lilis. 2016. “Studi Kelayakan Bisnis untuk Wirausaha”, Jakarta : LGM/LaGood’s Publising.

Supriyatiningsih. 2012. “Penanaman Nilai-Nilai Kewirausahaan pada Siswa Melalui Praktik kerja Industri”.Journal Of Economic Edutation. Semarang: volume 1 Nomor 2, November 2012

Sutiono dan Khotimah, Husnul. 2014. “Analisis Kelayakan Finansial Usaha Budidaya Bambu”. Jurnal Ilmu Kehutanan. Bogor : Volume 8, Nomor 1, Januari/ Maret 2014.

Tahir, Muh. 2011. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makasar : Universitas Muhamadiyah Makasar.

Talut, Thamrin dan Abduh. 1980. Tujuan Ilmu Pengetahuan Sosial. PPPG Jakarta. Depdikbud.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif, Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Winantara, Yogi I Made, Bakar Abu dan Puspitaningsih. 2014. “ Analisis kelayakan Usaha Kopi Luak di Bali”. Jurnal Online Institut Teknologi Nasional. Bandung : Volume 2, Nomor 3, Juli 2014




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.