PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Luh Gede Ria Utami Agustin, I Wayan Lasmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan TGT pada siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah.Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner motivasi berprestasi dan pencapaian kompetensi belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan analisis varian 2 jalan. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pencapaian kompetensi belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dan TGT (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap pencapaian kompetensi belajar IPS, (3) model pembelajaran NHT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi (4) model pembelajaran TGT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi tinggi sedangkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik diterapkan pada siswa dengan motivasi berprestasi rendah.

 

Kata kunci: Kompetensi Belajar; Motivasi Berprestasi; NHT; TGT

 


Full Text:

PDF

References


Aris Shoimin.2014. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yohyakarta: AR-ruzmedia

Candiasa, I M. 2010. Statistik univariat dan bivariat disertai aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Dantes, Nyoman.2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Grafindo Persada

Huda Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Pustaka Belajar. Yogjakarta

Rahmi. 2008.Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa dalam Matematika.Jurnal Percikan:Pemberitaan Ilmiah Volume 89 No 5

Siti, Sopiah Arafah.2016.Studi Perbandingan Model Pembelajaran TGT dan NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X.5 Di Sma Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. Tesis (Tidak Diterbitkan). Program Magister Pendidikan Ips Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Slavin, E. Robert. 2008. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung ; Nusa Media

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2009. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.