PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL HUTAN MANGROVE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS

I Ketut Taksu, I Gede Astra Wesnawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi wujud/bentuk nilai-nilai kearifan lokal hutan mangrove yang berpotensi sebagai sumber belajar IPS di SMP Negeri 4 Nusa Penida, (2) merancang pengembangan sumber belajar IPS berbasis pada nilai-nilai kearifan lokal hutan mangrove dalam pembelajaran IPS, (3) mengetahui efektivitas penerapan nilai-nilai kearifan lokal hutan mangrove dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Research and Development (R&D), yang menghasilkan produk berupa RPP dan Handout. Subjek uji coba produk sumber belajar IPS adalah siswa SMP Negeri 4 Nusa Penida kelas VIII D. Hasil penelitian menunjukan: (1) wujud/bentuk nilai-nilai kearifan lokal hutan mangrove yang teridentifikasi berpotensi sebagai sumber belajar IPS adalah adanya awig-awig yang mengatur kewajiban, hak dan sanksi dalam mengatur pengelolaan hutan, adanya tempat suci Pura Sakenan sebagai mekanisme kontrol religius bagi yang ingin merusak hutan, adanya upacara tumpek pengatag sebagai ungkapan rasa syukur dan bakti atas ciptaan tuhan sebagai bentuk konsep Tri Hita Karana,  sebagai nilai tambah ekonomis, sebagai hutan lindung bagi kepulauan Nusa Lembongan, (2) pengembangan sumber belajar IPS yang dihasilkan berupa RPP, Handout berisi  nilai-nilai kearifan lokal hutan mangrove Desa Lembongan yang secara holistic berkatagori baik dan layak digunakan dalam pembelajaran IPS dan (3) penerapan niali-nilai kearifan lokal hutan mangrove dalam pembelajaran IPS, efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan nilai t-tesnya (signifikasi 0,000  = 0,05). Dengan kata lain pembelajaran yang dilaksanakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci:  Kearifan Lokal Hutan Mangrove; Sumber Belajar IPS

 


Full Text:

PDF

References


Anonim. 2014. “Menjadikan Nilai Kearifan Lokal Sebagai Benteng Kelestarian Pesisir Bali (1)”. Bali Post, Jumat, 24 Januari 2014

Ardana I.P.G. Sunartha, dkk. 2002. Potensi Dan Desain Ekosturisme Untuk Konservasi Lingkungan Di Nusa Penida – Bali. Jurnal Lingkungan Hidup (Journal Of Environment) Bumi Lestari, diterbitkan oleh : Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Lembaga Penelitian Universitas Udayana.

Awig-Awig Desa Pekraman Adat Lembongan. 1998. Pararem Indik Kelestarian Lingkungan Pawos 5.

Kaula, Agus. 2012. “Nilai-nilai Lokal Masyarakat Desa Adat Kuta Kecamatan Kuta, Bandung”. http://createrbillition.blogsport.com/2012/05/nilai-nilai-kearifan-lokal-masyarakat.html.Diakses pada 23 Agustus 2015.

Keraf, A. Sonny. 2002. Etika Lingkungan. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Kertih, W. 2007. Pengembangan Model Keterampilan Proses Berbasis Kompetensi di Skolah Dasar. Laporan Penelitian Pundamental. Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Undiksa Singaraja.

Lasmawan, Wayan. 2010. Menelisik PendidikanIPS. Singaraja : Media Com Indonesia Pres.

Pai, Y. 1990. Cultural Foundations of Education. New York: Macmillan Publishing Company.

Permendikbud No. 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMP/MTs.

Sukadi, 2006. Pendidikan IPS sebagai Rekonstruksi Pengalaman Budaya berbasis Idiologi Tri Hita Karana pada SMU Negeri 1 Ubud Gianyar Bali. Sekolah Pascasarjana UPI: Bandung.

Suryadiputra, 1999. Panduan Pengenalan Mangrove di Indonesia. Bogor.

Sriartha, I Putu. 2017. “Local Wisdom Of Subak As A Model Of Character Building For Social Studies Learning In Schools.” , Advances in Social Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 134, 2nd International Conference on Innovative Research Across Disciplines (ICIRAD 2017).

Wesnawa, I Gede Astra. 2010. Glorosium Geografi, Lingkungan dan Kearifan Lokal. Singaraja: Undiksha.

Wesnawa, I Gede Astra. 2010. Dinamika Pemanfaatan Ruang Berbasis Kearifan Lokal di Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Jurnal Publikasi Ilmiah UMS, Porum Geografi Volume 24 No 1, Juli 2010.

Winataputra, U.S. 2001. Jati diri Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Wahana Sistemik Pendidikan Demokrasi (Suatu Kajian Konseptual dalam Konteks Pendidikan IPS). Disertasi (Tidak dipublikasikan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.