PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS BERBASIS KEARIFAN LOKAL SISTEM SUBAK DALAM MEMBANGUN NILAI KARAKTER SISWA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala dalam mewujudkan pembelajaran IPS yang berorientasi global dengan masih tetap menjaga budaya lokal. Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) model pengembangan sumber belajar IPS berbasis kearifan Lokal sistem Subak; (2) efektivitas penerapan model pengembangan sumber belajar IPS berbasis kearifan sistem subak terhadap peningkatan hasil belajar siswa, (3) persepsi guru dan siswa tentang model pengembangan sumber belajar IPS berbasis kearifan lokal sistem subak dalam membangun nilai karakter. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Baturiti dan Subak Tuka Tempek Berteh. Rancangan penelitian yang digunakan adalah research and development dengan tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, analisis dokumen, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem Subak yang berdasarkan Tri Hita Karana relevan dijadikan model sumber belajar IPS dalam bentuk handout pada pada tema interaksi sosial manusia dengan lingkungan. Sistem subak sebagai sumber belajar mengandung nilai-nilai karakter bangsa yaitu religious, keadilan, disiplin, bersahabat, komunikatif, gotong royong, peduli lingkungan dan peduli sosial (2) Penerapan model pengembangan sumber belajar IPS berbasis kearifan lokal sistem subak efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa baik pada ranah kognitif, afektif maupun afektif (3) penerapan model pengembangan sumber belajar berbasis kearifan lokal sistem subak tergolong positif. Guru dan siswa memiliki persepsi tentang model pengembangan sumber belajar berbasis system subak tergolong positif
Kata kunci: IPS; Nilai Karakter; Sistem Subak
Full Text:
PDFReferences
Sulistyawati. 1998. Pembelajaran Memasuki Era Kesejagatan. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan
Sriartha, I Putu et al. 2015. “The Effect of Regional Development on the Sustainability of Lokal Irrigation System (A Case of Subak System in Badung Regency, Bali Province)” Forum Geografi, Indonesian Journal of Spatial and Regional Analysis, Volume. 29 (halaman 31-40), Fakultas Geografi UMS (diakses tanggal 11 april 2017)
Sriartha, I Putu dan Sri Rum Giyarsih.2015 “Spatial Zonation Model of Lokal Irrigation System Sustainability (A Case of Subak System in Bali)”. International Journal of Geography Volume 47, Nomor 2(halaman 142-150)(diakses tanggal 11 April 2017)
Sriartha, I Putu dan Wayan Windia.2015. “Efektivitas Implementasi Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Mengendalikan Alih Fungsi Lahan Sawah Subak: Studi Kasus Di Kabupaten Badung, Bali”.Jurnal Kajian Bali (Journal of Bali Studies) Volume 05, Nomor 02(hlm. 327-346)(diakses tanggal 11 April 2017)
Sriartha, I Putu dan Wayan Windia.2015. “Lokal Wisdom of Subak As A Model of Character Building For Social Studies LearningIn Schools”. (Atlantic Press Vol 134 hal. 114-120)(diakses tanggal 11 April 2017)http:www.atlantis-press.com/proceding/icirad-17/25882136
Pitana, 1993, Subak Sistem Irigasi Tradisional di Bali, Upada Sastra.Denpasar
Kemdiknas, 2017.Nilai-nilai Dalam Pendidikan Karakter.Jakarta dalam www.websitependidikan.com (diakses tanggal 10 Januari 2017)
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan Dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Kertih, I Wayan.2015. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Mata Pelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal bali.Universitas Pendidikan Indonesia
Wesnawa, I Gede Astra.2011. pembelajaran Geografi Dalam Menumbuhkan Kesadaran Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v3i2.3334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.