PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA PASAR TRADISIONAL TERHADAP LITERASI EKONOMI DAN HASIL BELAJAR

I Gusti Agung Putu Ariyati, I Putu Sriartha, I Nengah Suastika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi, (2) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap hasil belajar,(3) pengaruh model pembelajaran discovery learning bantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan the posttest only control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII sebanyak 170 siswa. Sampel populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas yang diuji kesetaraannya menggunakan uji-t, kemudian untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen secara random sampling dengan teknik undian. Data dikumpulkan dengan kuisioner dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif anava satu jalur dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan Fhitung = 10,157 (p = 0,000 < 0,05), (2) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan Fhitung = 8,566 (p = 0,000 < 0,05), (3) terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri dengan nilai F-Wiks’Lambda = 11,619 (p = 0,000 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berbantuan media pasar tradisional berpengaruh terhadap literasi ekonomi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kediri.

Kata kunci: Discovery Learning; Hasil Belajar; Literasi Ekonomi; Media Pasar Tradisional


Full Text:

PDF

References


Aryani, Septi. I Nym Suardana, dan Ni Luh pande latria Devi. 2020. Komparasi Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia. Volume 3, Nomor 1, Dalam https://ejournal.undiksha.ac.id Diakses tanggal 23 Juni 2020

Asmani, Jamal Ma’,mur. 2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Yogyakarta: Diva Press

Asri Mailani, Ni Luh. 2013. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa VII-5 SMP Lab Undiksha Singaraja Melalui Model Talking Stick. Dalam https://ejournal.undiksha.ac.id diakses tanggal 6 Januari 2020

Dwi Lestari, Nova. 2014. Pentingnya Penggunaan Metode Dalam Proses Pembelajaran. Dalam https://www.academia.edu diakses tanggal 13 Desember 2019

Hambali, Ginanjar. 2017. Literasi Ekonomi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Dewan Riset Daerah Banten 3 (5), 43-53. Dalam scholar.google.co.id diakses tanggal 13 Desember 2019

Hera Lestari Mikarsa dkk. 2009. Pendidikan Anak Di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Konstekstual Dalam pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia

Iqomudin, Muhammad Afif. 2017. Pengaruh Literasi Ekonomi, Pendidikan Ekonomi Dalam Keluarga Dan Latar Belakang Sosial-Ekonomi Orang Tua Terhadap Pengambilan Keputusan Berkonsumsi Pada Mahasiswa Pendidikan IPS Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Kemendikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (discovery).Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Lasmawan, I Wayan. 2016. Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press

Malano, Hermanto. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional. Jakarta: Penerbit GRAMEDIA

Mentari, Welly. 2015. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah. Volume.3. No 6. Dalam https://jurnal.fkip.unila.ac.id. Diakses tanggal 23 Juni 2020

Purwanto, M. Ngalim. 2011. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Riadi, Muchlisin. 2019. Pengertian, Jenis dan Gerakan Literasi. Dalam https://www.kajianpustaka.com diakses tanggal 17 Oktober 2019

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group

Sriartha, I Putu. Kertih, I Wayan. 2019. Pemanfaatan Kearifan Lokal Subak Sebagai Sumber Penanaman Literasi Sosial Budaya Dan Literasi Ekologis Siswa Dalam Pembelajaran IPS Di sekolah Menengah Pertama. Universitas Pendidikan Ganesha

Sujana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2013. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.