PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR (SPPKB) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PPKn

Ni Made Diah Kristayani, I Wayan Kertih, I Putu Sriartha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) secara simultan perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn antara siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional. (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dibandingkan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran Konvensional, serta (3) hasil belajar PPKn siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian termasuk quasi experiment dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 320 orang, yang terbagi atas 10 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Data yang diperlukan dalam penelitian berupa skor keterampilan berpikir kritis dan skor hasil belajar PPKn, yang dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes. Untuk hipotesis I data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji MANOVA, sedangkan untuk hipotesis II dan hipotesis II, data dianalisis secara deskriptif menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh, bahwa (1) secara simultan terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar PPKn antara siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (3) hasil belajar PPKn siswa yang belajar dengan pembelajaran SPPKB lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Kata kunci: Berpikir Kritis; Hasil Belajar; SPPKB

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Tohri. 2011. Metode SPPKB (Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir) dalam meningkatkan prestasi belajar sosiologi siswa. Jurnal educatio Vol. 6 No. 1, Juni 2011, hal. 105-128 106. STKIP Hamzanwadi Selong

Anita. 2017. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) terhadap Hasil Belajar Fikih Peserta Didik di Man 1 Tala’Salapang Makasar.

Ardiyanti, F. dan Winarti. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis fenomena untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Kaunia, Vol IX, No. 2.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan Prov. Bali (BPSDMPK dan LPMP). 2015.Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Denpasar: Kemetrian Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Bali.

Candiasa, I Made. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS, Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha

Candiasa, I Made. 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Negeri Singaraja

Depdiknas, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Eggen, Paul & Don Kauchak. 2012. Strategi dan Peningkatan kemampuan berfikir Pembeljaran, Jakarta: PT Indeks.

Fisher, A. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta

Kawiwati, Ni Nyoman. 2014. Pengaruh Peningkatan kemampuan berfikirPembelajaran dan Keterampilan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar PPKn dengan mengontrol Bakat Numerik. Desertasi. Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Kemendikbud. 2013. Salinan: Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 66 tahun 2013 tentang Standar Penialaian Pendidikan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Marhaeni, A.A Istri N. 2007. Pembelajaran Inovatif dan Asesmen Otentik dalam Rangka Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Produktif. Makalah, disajikan dalam Lokakarya Penyusunan Kurikulum dan Pembelajaran Inovatif Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana Denpasar, tanggal 8 – 9 Desember 2007.

Molan, Benyamin. 2012. Logika: Seni dan Ilmu Berpikir Kritis. Jakarta: PT. Indeks.

Nitko, Anthony J. 2001. Educational Assessment of Students. United States of America: Prentice-Hall, Inc.

Reisa Farida Amri. 2016. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap hasil belajar kewirausahaansiswa kelas xi semester genap smk muhammadiyah 2 metro t.p 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro ISSN: 2442-4994 Vol.4. No.1 (2016) 46-54. FKIP Universitas Muhammadiyah

Reynolds, Cecil R., Livingstone, Ronald B. & Willson Victor. 2010. Measurement and Assessment in Education: Second Edition. USA: Pearson Education, Inc.

Rusman. 2011. Model-Peningkatan kemampuan berfikirPembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Beroerientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.

Santyasa, I Wayan. 2004. Peningkatan kemampuan berfikirProblem and Reasoning sebagai Alternatif pembelajaran Inovatif. Makalah. Disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V. Surabaya tanggal 5 – 9 Oktober 2004.

Sugiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 1993. Materi Pokok: Evaluasi Proses dan Hasil Belajar PPKn. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Suherman, Erman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran PPKn Kontenporer. Bandung: JICA-IMSTEP Project.

Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukadi. 2010. Pendidikan Moral dalam Dimensi PKn. Bandung: Laboratorium PKn FPIP-UPI

Syaban, Mumun. 2006. Menumbuh Kembangkan Daya Matematis Siswa. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya. 5(2). 1 – 6. Tersedia pada http://educare.efkipunla. net/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=62. Diakses pada tanggal 4 September 2019.

Tohri, Ahmad. 2011. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa. Disajikan dalam Jurnal Education Vol. 6 No. 1 hal 105-128.

Thompson, C. (2011). Critical thinking across the curriculum: Process over output. International Journal of Humanities and social science, 1 (9), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.