PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Ni Wayan Deri Suarsini, I Gede Astra Wesnawa, I Wayan Kertih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan karakteristik pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, (2) menganalisis pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram, dan (3) mengetahui efektivitas pengembangan media pembelajaran geografi berbasis media sosial Instagram. Lokasi penelitian di SMA N 5 Denpasar. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif untuk karakteristik dan proses pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram, serta deskriptif kuantitatif untuk efektivitas pengembangan media pembelajaran media sosial Instagram. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media sosial Instagram sebagai media pembelajaran dapat memudahkan siswa untuk mengerti materi ajar, karena penyampaian menampilkan foto dan video serta penjelasan materi pembelajaran, (2) proses pengembangan media sosial Instagram terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan menghasilkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, dan (3) media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dikembangkan memenuhi syarat efektivitas.

Kata Kunci: Geografi SMA; Hasil Belajar; Media Sosial Instagram; Motivasi


Full Text:

PDF

References


Amelia,Ferina, Ruja, I Nyoman,& Susilo, Singgih. (2018). Makna Rendahnya Motivasi Siswa Belajar Geografi Dalam Pendekatan Fenomenologi. Volume: 3 Nomor: 9 Bulan September Tahun 2018 Halaman: 1244—1252.

Asmara, Anjas Purba. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA. Februari 2015 VOL. 15,NO. 2, 156-178

Jhonson & Tambunan, H. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Virtual Basic Dan Smoothboard Pada Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan. Vol 1, No 1, Juni 2014, 106-107.

Fuad, Alfas Muhammad.(2019) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Geografi : Kuasi Eksperimen Kelas XI IPS 1 SMAN 1 Cisarua. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Mardhiah, Ainun & Akbar, Said Ali. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 6 Banda Aceh. Lantanida Journal Vol. 6 No. 1 (2018), 50.

Nasrullah,R.(2016).MediaSosial:Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi Bandung: . Simbiosa Rekatama Media.

Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi (SI).

Prana, I.G.L.A.A. (2017). Pengembangan LKS Sains Dengan Setting Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Efikasi Diri Siswa SMP. Tesis. Universitas Pendidikan Ganesha.

Prasetyo,B.,&Trisyanti,U.(2018).Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. In Prosiding Semateksos 3 “ Trategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0.”

Sari, Meutia Puspita. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam Oleh Mahasiswa Fisip Universitas Riau. Jom Fisip. Vol 4, No 2, Oktober 2017, 3.

Sudana, I Putu Ari & Wesnawa, I Gede Astra. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1(1)pp. 1-8

Sudjana, N & Rivai.A. (2013). Media Pengajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sutarti, Hj. Tatik dan Irawan, Edi.(2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish.

Tyas, Dyah Listlaning, Budiyanto, A.Joko & Santoso,Alb Joko. (2015). Pengaruh Kekuatan Media Sosial Dalam Pengembangan Kesenjangan Digital. Scientific Journal Of Informatics Vol.2 No. 2, 149-150.

Umar. (2014). Media Pendidikan : Peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Tabawiyah volume 11 No 1 Edisi Januari-Juli 2014.

Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Makasar , 132.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.