PENGEMBANGAN SUPLEMEN MATERI IPS DENGAN PEMANFAATAN POTENSI BUDAYA MASYARAKAT BERLANDASKAN TRI HITA KARANA

Isty Bunga Herliani, Nengah Bawa Atmadja, Tuty Maryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis kondisi pembelajaran IPS di SMP Widiatmika, (2) mengembangkan suplemen materi IPS dengan pemanfaatan potensi budaya masyarakat berlandaskan Tri Hita Karana, (3) menguji efektivitasproduk hasil pengembangan suplemen materi IPS. Lokasi penelitiandi SMP Widiatmika Jimbaran dan Banjar Teba Jimbaran. Penelitian dan pengembangan pendidikan ini terdiri dari tiga tahap yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif untuk tahap define, design, dan develop. Hasil penelitian menunjukkan (1) kondisi pembelajaran IPS di SMP Widiatmika secara umum baik, dan pada aspekpembelajaran IPS,terdapat kendala utama yaitusumber belajar yang belum sesuai dengan tujuan pembelajaran IPS dan belum bersifat kontekstual. (2) Model pengintegrasian materi IPS berdasarkan potensi utama daerah, dijadikan sebagai pedoman pengembangan suplemen materi IPS, yang telah diuji kelayakannya dan terkategori baik. (3) Suplemen materi IPS yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Potensi Budaya; Sumber Belajar IPS; Tri Hita Karana


Full Text:

PDF

References


Al Muchtar, Suwarma. 2001. Epistemologi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.

Apsari, Ni Luh Gede Nita. 2016. “Pengembangan Materi Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Bali (Tri Hita Karana) di SMP Negeri 3 Sawan”. Tesis (Tidak Diterbitkan). Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Undiksha.

Astra, I Gede Semadi (Ed). 2004. Revitalisasi Kearifan Lokal Dalam Memperkokoh Jatidiri Bangsa Dalam Politik Kebudayaan dan Identitas Etnik. Denpasar : Fakultas Sastra Unud dan Balimangsi Press.

Ayatrohaedi. 1986. Kepribadian Budaya Bangsa (Local Genius). Jakarta : Pustaka Jaya.

Borg, W. R. and M. D. Gall. 1989. Educational Research : An Introduction. Fifth Edition. New York and London : Longman.

Candiasa, I Made. 2012. Landasan Pembelajaran. Singaraja: Program Pascasarjana Undiksha.

Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Jaya, Gede Sumitra. 2016. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran (rencana Pelaksanaan Pembelajaran) IPS berbasis Kearifan Lokal Bali (Tri Hita Karana) Pada SMP Negeri 3 Sukasada”. Tesis (Tidak Diterbitkan). Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Undiksha.

Kertih, I Wayan. 2015. Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Integrasi Mata Pelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal Bali. Universitas Pendidikan Indonesia.

Lasmawan, I Wayan. 2010. Menelisisk Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia.

Mandra, I Wayan dan Dhammananda. 2019. Implementasi Tri Hita Karana Mengajar Formulir Kualitas Karakter Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar. Vol.6, No.1, Hlm. 60-67.

Mirsha, Rai. 1980. Sejarah Bali. Denpasar : PEMDA Provinsi Daerah Tingkat I Bali.

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosda Karya.

Pageh, I Made. 2011. Revitalisasi Ideologi Desa Pakaraman: Mengungkap Perbedaan Ideologi Untuk Merancang Model Rekayasa Kearifan Lokal Berbasis Tri Hita Karana di Era Globalisasi. Singaraja : Fakultas Ilmu Sosial.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Poespowardojo, Soerjanto. 1986. “Pengertian Local Genius dan Relevansinya dalam Modernisasi”, Dalam Ayatrohaedi, Edt. 1986. Kepribadian Budaya Bangsa (Local Genius). Jakarta : Pustaka Jaya.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putra, Darma (ed). 2004. Bali Menuju Jagaditha. Denpasar : Pustaka Bali Post.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Suci, I Gede Sedana, dkk. 2018. Higher Education Management Base on Tri Hita Karana: Case Study Hindu Higher Education Instution. International Journal of Mechanical Engineering and Technology (IJMET). Vol.9, No.8, Hlm. 46-58.

Sukadi. 2007. Pendidikan IPS Sebagai Rekronstruksi Pengalaman Budaya Berbasis Ideologi Tri Hita Karana : Studi Etnografi Tentang Pengaruh Masyarakat Terhadap Program Pendidikan IPS Pada SMU Negeri 1 Ubud, Bali. Jurnal Mimbar Pendidikan No.1/XXVI/2007.

Sukarma, I Gede., dkk. 2018. Integrating Tri Hita Karana Valuesin Teaching Reading: Students’ And Teachers’ Opinions. SHS Web of Conferences. Vol.42, No.00089, Hlm. 1-6.

Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: Perspektif Filosofi dan Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sutedja, Mertha. 2012. Tri Hita Karana and World Peace (Bali Hinduism Philoshopy of Life). Surabaya : Paramita.

Wigena, Ida Bagus Weda. 2017. Developing Middle School Social Studies Material Based On Subak Local Wisdom. Diseminarkan pada Global Conference on Teaching, Assessment, and Learning in Education (GC-TALE). Denpasar-Bali 28-29 Agustus 2017.

Wesnawa, I Gede Astra. 2010. Dynamics Space Exploitation Based on Local Wisdom in Buleleng Regency, Bali Province. Jurnal Dinamika Pemanfaatan Ruang Forum Geografi, Vol 24, No 1 Juli 2010 1-11.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.