EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DITINJAU DARI CONTEXS, INPUT, PROCESS DAN PRODUK

I Nyoman Wage, Nengah Bawa Atmadja, I Putu Sriartha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program penguatan pendidikan karakter ditinjau dari contexs, input, process, dan product di SMK Negeri 1 Amlapura. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan deskritif kuantitatif. Populasi penelitian adalah guru, pegawai dan siswa SMK Negeri 1 Amlapura. Sampel ditentukan dengan teknik purposisive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan lembar kuesioner, observasi dan wawancara kemudian dianalisis secara deskritif dengan menggunakan analisis kuadran Glickman. Untuk menentukan efektifitas program, skor mentah ditransformasikan ke dalam Z-skor lalu ke Skor-T, kemudian dikonversikan ke dalam prototype Glickman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, program penguatan pendidikan karakter ditinjau dari aspek latar atau contexs dalam katagori positif  (+). Kedua ditinjau dari aspek masukan atau input juga dalam katagori positif (+), Ketiga, ditinjau dari aspek proses pelaksanaan program penguatan pendkan karakter berapa pada katagori positif (+), Keempat, ditinjau dari aspek luaran atau produk juga masuk dalam katagori positif (+). Jadi Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa efektivitas pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter  di SMK Negeri 1 Negeri Amlapura tergolong sangat efektif dilihat dari variabel CIPP berada pada kuadran I : positif-positif-positif-positif (+ + ++).

Kata kunci : Efektivitas; Evaluasi; Pendidikan Karakter; Penguatan


Full Text:

PDF

References


Ahmad Jaelani, Nova Asvio (2019). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Artikel Ilmiah. Dalam (https://jurnal.univpgri-palembang. ac.id/index.php/ Prosidingpps/index) diakses pada 5 Oktober 2019.

Anton Suwito, Integrasi Nilai Pendidikan Karakter Ke Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Melalui RPP, Jurnal Ilmiah CIVIS, Volume II, No 2, hal 12, Juli 2012. Dalam (http://journal.upgris. ac.id/index.php/civis/article/view/454/408) diakses 5 Oktober 2019.

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara, 2007.

Barth Rolan S. 1990. Improving School from Within. San Fransisco: Jossey-Bass.

Darmadi, Hamid. 2007, Dasar dan Konsep Pendidikan Moral (Bandung: Alfabeta).

Darmiyati Zuhdi. (2008). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan Yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ega, Wahyu Ardyan (2015) Evaluasi Implementasi Kurikulum Di Smk Negeri 2 Pengasih. Thesis, UNY. Dalam (http://eprints.uny.ac.id/20877/) diakses pada 5 Oktober 2019.

Fudin. 2007. Metode Penelitan Pendidikan, dalam (http://fuddin.wordpress.com/ 2007/07/06/metode-penelitian-pendidikan/) diakses pada 5 Oktober 2019.

Jalaludin. 2012. Membangun SDM Melalui Pendidikan Karakter, Jurnal penelitian Pendidikan UPI volume. 13 nomor 2 hlm. 1. Dalam (jurnal.upi. edu/penelitian-pendidikan) diakses pada 5 Oktober 2019 Vol. 13 No. 2 Oktober 2012.

Keputusan mendiknas No.044/U/2000 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah.

Lickona, T. (1992). Educating For character, How our School Can Teach Respect. Respect And Responsibility. New York:Bantam Books.

.Loeloek Endah Poerwati & Sofan Amri. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta:PT Prestasi Pustaka.

Musruroh Zazilatul (2009) Efektifitas evaluasi Model Cipp (Contexs, Input, Proses, Product) Terhadap Hasil belajar Siswa pada Bidang Studi Pendidikan Islam Di SD, K,Hasyim Surabaya. Undergraduated thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam (http://digilib. uinsby.ac.id/7734/) diakses 5 Oktober 2019.

Muchlas Samani dan Hariyanto.2012.Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana Yoyo. 2002. Pendidikan Karakter di Sekolah Dari Gagasan Ke Tindakan, PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa,E Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep Strategi dan Implementasi, (Bandung: Rosdakarya, 2003).

Mumpuniarti. Pembelajaran nilai Keberagaman dalam Pembentukan Karakter Siswa SD Inklusi. Jurnal Pendidikan Karakter FIP UNY volume II nomor 3 hlm. 252. 30 Oktober 2012. dalam (https:// journal.uny.ac.id/ index. php/jpka/article/view/1231) diakses tanggal 6 Oktober 2019.

Muhammad Nurman Somantri Mengagas Perubahan Pendidikan IPS (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2001).

Nana Syaodih Sukmadinata. (2009). Pengembangan Kurikulum: Teori dan praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

NCC. 1994. Curriculum Standars for the Social Studies. Washington D.C. dalam https://en. wikipedia.org/wiki/National_Council_for_the_Social_Studies. Diakses pada 6 Oktober 2019.

Paningkat Siburian, Penanaman dan Implementasi Penanaman karakter tanggung jawab, 21 Agustus 2014, Jurnal Jurusan Pendidikan Elektro Universitas Negeri Medan volume 5 nomor 1 hlm.85, Dalam (http://digilib.unimed. ac.id/1074/2/Fulltext.pdf). diakses pada 6 Oktober 2019.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nom or 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana Prasarana untuk Sekolah Menengah kejuruaan (SMK) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanal Republik Indonesia No 24 Tahun 2008 tentang Standar tenaga Administrasi Sekolah untuk sekolah atau Madrasah.

Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum.

Ramli, T., (20030. Pendidikan Moral dalam Keluarga. Grasindo; Jakarta.

Ronny Kounstur,D.M.S.,Ph.D 2005. Metode Penelitian Untuk Penulisa Skripsi dan Tesis. Cetakan ketiga.PPm: Jakarta.

Salha Antogia, 2014. Evaluasi Program Pendidikan di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Thesis Program Studi Managemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontolo. Dalam (eprints.ung.ac.id/view/) diakses pada diakses pada 5 Oktober 2019.

Semiawan, Conny & Yufiartri. Membangun Karakter di Sekolah Naskah Kajian Pendidikan Karakter 2010.

Stovika Eva Darmayanti dan Udik Budi Wibowo (2014). Evaluasi Program Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Prima Edukasia UNY volume 2 nomor 2 hlm. 223. dalam (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/ view/2721/2271) diakses pada 5 Oktober 2019.

Stufflebeam.D.L.2003. The CIPP Model For Evaluation. The Article Presentedat The 2003 Annual Conference of the Oregon Program Evaluators Network (open) 3 Oktober 2003. Dalam (https://id.scribd.com/document/58435354/The-Cipp-Model-for Evaluation-by-Daniel-l-Stufflebeam) diakses pada 7 Oktober 2019.

Suatika I Nengah, Sukadi, Ratna Artha Windar. 2015. Memberdayakan Guru-Guru SMP dan SMA PGRI Seririt Untuk Melaksanakan Model Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Yadnya Dalam Rangka Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pengambdian Kepada Masyarakat Widya Laksana Undiksha. Volume 4, Nomor 2 hlm. 146. Dalam https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/9601. diakses pada 6 Oktober 2019.

Sudjana, Djudju. 2006 Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah Untuk Pendidikan Non Formal Dan Pengembangan Daya Manusia (Bandung Rosdakarya).

Sudra Irawan (2016). Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Fisika di MAN Yogyakarta I. Jurnal Pendidikan Karakter UNY volume VI nomor 1 hlm 74. Dalam (https://journal. uny.ac.id/index. php/jpka/article/view/10734) diakses pada 7 Oktober 2019.

Suharsimi Arikunto dan Cepi Safruddin Abdul jabar, Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktis Pendidikan ( Jakarta :Bumi Aksara, 2007).

Sukadi. 2014. Memberdayakan Guru Untuk Melaksanakan “Project Citizen” Dalam Rangka Pendidikan Karakter Bangsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Widya Laksana Undiksha Volume 3 nomor 2 hlm. 51 dalam https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/ JPKM/article/view/9169/5937. diakses pada 6 Oktober 2019.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif , R&D Bandung : CV Alfabeta). tim Dosen Jurusan Admisnistrasi Pendidikan FIP IKIP Malang, Administrasi Pendidikan, Malang : IKIP Malang, 1989.

Tri Atmajdji Sutikno. (2013). Manajemen Strategik Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Persaingan Mutu. Jurnal Teknologi dan Kejuruan. Volume 36 Nomor 1. Hlm 4. Dalam (journal.um.ac.id/index.php/)) diakses pada 6 Oktober 2019.

Wara Sulistya.2012. Indentifikasi Kebutuhan Pendidikan Karakter di SDN Inpress 1 Tondo Kecamatan Palu timur. Jurnal Dikdas.Volume 1 hlm.1. Dalam (jurnal.untad.ac.id/ jurnal) diakses pada 7 Oktober 2019.

Warni, Tune Sumar. 2016, Program Pengembangan Pendidikan Karakter Siswa di SMP Kabupaten Gorontalo. dalam (http://warnisumar.blogspot.co. id /2016/01/program-pengembangan-pendidikan.html) diakses pada 7 Oktober 2019.

Yudha Pandu, Undang-Undang RI No 9 Tahun 2009 Tentang Badan Hukum Pendidikan Dan Undang-Undang RI No 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional (Jakarta : CV Karya Gemilang, 2009.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.