PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BLENDED – SCIENTIFIC LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Perangkat Pembelajaran Ekonomi Bleended-Scientific Learning Berbantuan Quipper School,menganalisis efektivitas penggunaannya terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan (R&D) dengan model Plomp, data Aktivitas Belajar Peserta Didik dikumpulkan melalui observasi,sedangkan hasil belajar peserta didik melalui tes uraian (Essay), Data yang diproleh kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif meliputi Uji normalitas data dilakukan dengan menggunakan statistic Kolmogorov-Smirnov selanjutnya dilakukan uji t dan uji Manova. Semua pengujian dilakukan pada taraf signifikasi 5% dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 17 for Windows.
Desain akhir perangkat pembelajaran ekonomi berbantuan Quipper School adalah RPP, UKBM,tes dan media pembelajaran telah mendapatkan penilaian validasi dari : 1) ahli materi dan media pembelajaran diproleh rerata skor 3,20 yang termasuk dalam kategori valid, 2) ujicoba kelompok kecil diproleh rerata skor 3,70 , yang termasuk dalam kategori sangat valid, sehingga layak digunakan. Media pembelajaran ekonomi berbantuan Quipper School efektif meningkatkan aktivitas belajar sebesar 57,74%, dan efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik berada pada 98,50 % dengan kategori sangat baik. Hasil uji MANOVA diperoleh bahwa perangkat pembelajaran Blanded Saintifik Learning berbantuan Quipper School berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa sesudah pembelajaran blanded saintifik learning berbantuan quipper school.
Kata kunci: Aktivitas; Ekonomi, Hasil Belajar; Pengembangan Media
Full Text:
PDFReferences
Prayitno, Wendhie. 2015. Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah (Makalah, tidak diterbitkan).
Plomp dan Nieveen 2010. “Educational Design Research : An Introduction”, dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institute for Curriculum Development.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Jihad, A. dan Haris, A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Sukmadinata,Nana Syaodiah,2013, Metode Penelitian Pendidikan Bandung PT.Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Mason, R., & Rennie, F. (2009). Elearning: panduan lengkap memahami dunia digital dan internet. Diterjemahkan dari: Elearning oleh Taylor Francis. London-New York. Surabaya: Penerbit Baca Wasis D. Dwiyogo, ‘Pembelajaran Berbasis Blended Learning’
Caraivan, L. (2011). Blended learning: from concept to implementation.
Euromentor Journal, II(4).
Candiasa, I. M, 2010. Statistik Multivariat Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha
Prayitno, Wendhie. 2015. Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah (Makalah, tidak diterbitkan).
Plomp dan Nieveen 2010. “Educational Design Research : An Introduction”,
dalam An Introduction to Educational Research. Enschede, Netherland : National Institute for Curriculum Development.
Parwati, Ni Nyoman dan Kertih I Wayan. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Listya Eka Yuniar, 2014 yang berjudul “Penerapan metode Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah
Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja GrasindoPersada.
Sudjana,N & Rivai, A 2015, Media Pengajaran Buku yang memudahkan Guru dalam memilih, merancang dan menggunakan media pengajaran Bandung : Sinar Baru Algesindo
Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D Bandung Alfabeta
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Nurseto,Tejo, 2011, Membuat Media Pembelajaran yang menarik, Yogjakarta Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Volume 8 nomor 1
Kudwadi, B., & Suryadi, D. (2010). Pengembangan kerangka elearning dalam pembelajaran teknologi dan kejuruan. Artikel Penelitian.
Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Eky Karinatun Nisa Sadila, 2019 ,tesis yang berjudul “ Penerapan MediamPembelajaran Quipper School untuk mengatasi Miskonsepsi siswa pada Aljabar
Maria Ratnaningrum Onta, 2018, Tesis yang berjudul “Efektifitas Penerapan Model Blended-Learning dengan menggunakan media pembelajaran Quipper School di tinjau dari motivasi belajar dan hasil belajar.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.