PENGEMBANGAN MEDIA FILM DOKUMENTER MEMANFAATKAN SITUS MONUMEN PERJUANGAN BANGSAL DALAM PEMBELAJARAN IPS

I Made Mega Handayana, I Nengah Bawa Atmadja, Tuty Maryati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis sejarah yang melatar belakangi pendirian Monumen Perjuangan Bangsal, (2) menganalisis sejarah berdirinya Monumen Perjuangan Bangsal, (3) menganalisis nilai-nilai Pendidikan karakter dibalik Monumen Perjuangan Bangsal, (4) mengintegrasikan nilai-nilai Monumen Perjuangan Bangsal dalam pelajaran IPS berbentuk media audiovisual. Lokasi penelitian SMP Negeri 2 Kuta Utara dan Monumen Perjuangan Bangsal. Rancangan penelitian yang digunakan research and development dengan tiga tahap define, design, dan develop. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian: (1) sejarah yang melatar belakang pendirian Monumen Perjuangan Bangsal tidak terlepas dari rumah tempat penyimpanan kopra berubah menjadi tempat pertemuan rahasia, (2) sejarah berdirinya Monumen Perjuangan Bangsal untuk mengenang jasa-jasa pahlawan terdahulu. Tahun 2008 ide memugar rumah Bangsal menjadi Monumen Perjuangan Bangsal dilakukan, (3) nilai-nilai Pendidikan karakter dalam Monumen Perjuangan Bangsal disesuaikan dengan Kemendikbud (2010) yang dikembangkan dalam Pendidikan budaya diidentifikasi dari sumber-sumber agama, budaya, Pancasila, dan tujuan Pendidikan nasional, (4) pengintegrasian nilai-nilai Monumen Perjuangan Bangsal menghasilkan media audiovisual dan RPP.

Kata-kata kunci: IPS SMP;  Media Audiovisual; Monumen Perjuangan


Full Text:

PDF

References


Budiman, Haris. 2017. Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Volume 8 No. I

Iflakhah.2017. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan). Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Universitas Kanjuruhan Malang, Volume 11 No 2.

Kemendikbud. 2010. Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan dan Menengah.

Lickona, T. (1991). ”Educating For Character, How Our School Can Teach Respect and Responsibilit”, New York: Bantam Books.

Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Muallimuna, Vol 2 Nomor 1.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode dan Prosedur. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Sardiman, A.M. 2011. Peran Pembelajaran IPS dan Pembangunan Karakter Bangsa. Tersedia pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Peran%20IPS%20dan%20iPendidikan%20Karakter%202.pdf

Setiaji; Nanda Cahyo dan Muhammad Hanif. 2018. Kajian Makna Simbolis Patung dan Monumen di Kabupaten Ponorogo Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal. Jurnal Agastya, Universitas PGRI Madiun, VOL 08 NO 01.

Sofli dan Ajat Sudrajat. 2014. Peningkatan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Model Nested di SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Jurnal Harmoni Sosial, Vol. 1, No. 1, hlm. 83-95.

Sudrajat, A. (2011). Membangun budaya sekolah berbasis karakter terpuji, Jurnal pendidikan karakter UNY tahun I No. 1, Yogyakarta: UNY Press.Diambil 19 Juni 2013.Dari www.uny.ac.id

Surahman, Edy. 2017. Peran Guru Ips Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPS, Universitas Negeri Yogyakarta, Vol 4 Nomor 1 (hlm 3).

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedika Group.

Wigena, Ida Bagus Weda. 2017. Pemanfaatan Sistem Subak Sebagai Pengembangan Materi Ajar Dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Mengwi Kabupaten Badung. Tesis (Tidak DIterbitkan). Program Studi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana Undiksha.

Windia, Wayan. 2008. BANGSAL (Dalam Kenangan Revolusi Dan Perang Kemerdekaan Di Bali). Badung: Keluarga Besar Pesraman Puri Puncak Bangsal, Gaji.




DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.