PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS BERBASIS KEBENCANAAN UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN SISWA TERHADAP BENCANA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kondisi penggunaan sumber belajar, (2) pengembangan bahan ajar hand-out berbasis kebencanaan, (3) efektifitas penerapan bahan ajar hand-out berbasis kebencanaan terhadap kesiapsiagaan siswa menghadapi bencana. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ASSURE (Analyze Leaner, State Objective, Select Methods, Utilize Media, Require learner’s participant, Evaluate and revise). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan total siswa yaitu 159. Sampel dipilih dengan menggunak teknik random sampling. Setelah dilakukan pengacakan terpilih siswa kelas VII A sebanya 32 orang sebagai kelas eksperimen dan 32 orang siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Kebutuhan siswa terhadap pengembangan handout pada pokok bahasan kebencanaan pada siswa kelas VII yaitu handout kebencanaan yang mampu mengatasi masalah yang terjadi pada proses pembelajaran. (2) Kualitas hasil pengembangan bahan ajar menurut review ahli dan siswa yaitu: (a) ahli isi pembelajaran 74% berada pada kategori baik; (b) ahli desain pembelajaran 80% berada pada kategori baik; (c) ahli bahasa pembelajaran 70% berada pada kategori baik; (3) Efektivitas hasil pengembangan bahan ajar kebencanaan terhadap siswa menunjukkan signifikansi yang diperoleh t-hitung sebesar 78,61> t-tabel sebesar 1,99 pada signifikansi. Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan handout kebencanaan terhadap kesigapan menghadapi bencana pada siswa.
Kata kunci: Bahan Ajar Kebencanaan; Kesiapsiagaan Bencana; Model ASSURE
Full Text:
PDFReferences
Kompas.2019. Longsor Kembali Terjang Bali, 4 Warga Meninggal. Tersedia Pada Https://Regional.Kompas.Com/Read/2019/01/29/10272391/Longsor-Kembali-Terjang-Bali-4-Warga-Meninggal. Diakses Pada Tanggal 29 Desember 2019.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
N Purnamasari . 2014. Pengembangan Materi Kebencanaan Pada Bahan Ajar Smp Kelas Vii Mata Pelajaran Ips Pada Konsep Keruangan Dan Konektifitas. Tersedia Pada Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/30184. Diakses Pada Tanggal 29 Desember 2019.
Rosmalia Eva. 2015. Pengaruh Aplikasi Model Assure Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didikdalam Pembelajaran Geografi. Gea, Jurnal Pendidikan Geografi, Volume 15, Nomor 2,Oktober2015, Hlm 8-14. Tersedia Pada File:///C:/Users/Lenovo/Appdata/Local/Temp/3543-6631-1-Sm.Pdf. Diakses Pada Tanggal 29 September 2020.
Rostina, Tatang, Etc. 2017. Using ASSURE Learning Design To Develop Students’ Mathematical Communication Ability. World Transactions On Engineering And Technology Education 2017 Wietevol.15, No.3, 2017. Tersedia Pada Https://Www.Researchgate.Net/Profile/Rully_Prahmana/Publication/321018793_Using_ASSURE_Learning_Design_To_Develop_Students'_Mathematical_Communication_Ability/Links/5a0876b9aca272ed279fd5ff/Using-ASSURE-Learning-Design-To-Develop-Students-Mathematical-Communication-Ability.Pdf. Diakses Pada Tanggal 29 September 2020.
Sukadi. (2010). Rekonstruksi Pemikiran Belajar Dan Pembelajaran PKN SD Sebagaiyadnya Dalam Rangka Perwujudan Dharma Agama Dan Dharma Negara Berbasis Konstruktivisme. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahap
Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.
Wesnawa Astra I Gede Dan Chirstiawan Indra. 2014. Geografi Bencana. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3437
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.