PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS NILAI TOLERANSI DAN NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan handout berbasis nilai toleransi dan nasionalisme dalam pembelajaran IPS di SMP Nasional Denpasar. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, atau disebut Research and Development / R&D Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Nasional Denpasar tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 100 orang dan tersebar kedalam 3 kelas yaitu kelas VIII.1, VIII.2, dan VIII.3. sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak dua kelas dari tiga kelas yang ada secara random, terpilih kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas D sebagai kelompok kontrol.Instrumen yang dipakai dalam pengumpulan data adalah angket penilaian dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian memberi gambaranjika (1) Validitas perangkat pembelajaran mengacu pada hasil review para ahli dan uji perorangan kepada guru IPS dengan memakai angket penilaian guru. Memeroleh nilai rata-rata total 3,23 terhadap handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme dengan kategori layak; (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran mengacu pada penilaian guru dan siswa terhadap perangkat pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari angket penilaian siswa secara keseluruhan subjek diperoleh nilai rata-ratasenilai 3,14 yang berdasarkan kategori layak dan memiliki keterbacaan yang baik; (3) Efektifitas produk dilihat dari nilai t hitung senilai 5,839 dant tabel adalah 1,66827. Oleh karena t hitung lebih besar daripada t tabel, maka Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkan handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme lebih besar dari pembelajaran konvensional serta Nilai rata-rata hasil belajar ranah kognitif siswa setelah diterapkan handout IPS berbasis nilai toleransi dan nasionalisme lebih besar dari KKM.
Kata Kunci: Handout; Hasil Belajar; Nilai Toleransi dan Nasionalisme
Full Text:
PDFReferences
Aji, A. B. K. (2018). Penanaman Nilai Nasionalisme pada Pembelajaran Ips Di Smp Tarakanita Magelang. Journal of Social Science, 242–253.
Candiasa, I. M. 2010. Statistik Univariat serta Bivariat yang Disertai Aplikasi SPSS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Dayanti. (2018). Pengembangan Sikap dan Toleran pada Perbedaan Pendapat dari seorang Siswa Melalui Discovery Learning pada Pembelajaran Ips (PTK pada Siswa Kelas VII-C SMP Negeri 44 Bandung). Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendeliannae Brunensiss, 16(2), 39–55. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625
Haris, I. A. (2019). Pelatihan Mengembangkan Handout Ips Sesuai Kurikulum 2013 Kepada Para Guru Smpn 3 Sawan Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Prosiding SENADIMAS, 431–439.
Ismail, M., & Winarni, R. (2019). Development of Theater Education Textbook with Character Education and Local Wisdom Through Active Learning to Improve the Students’ Script Writing Ability. VNU Journal of Science: Education Research, 35(3), 1–12. https://doi.org/10.25073/2588-1159/vnuer.4205
Kiki Aryaningrum. (2017). Strategi Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips. Seminar Nasional Pendidikan Pgri Tahun 2017.
Martin, Toni Elmansyah. 2020. Penguatan Nilai-nilai Tradisi Pernikahan Melayu Sambasdan Implementasinya dalam Bimbingan dan Konseling Keluarga (Model Hipotetik BK Keluarga). Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, Vol 5 No 1. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JurnalPIPSI/article/view/1459
Ningsih, T. (2018). Pendidikan Multikultural pada proses Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran IPS Di Sekolah Confucius Terpadu SD Mulia Bakti Purwokerto Kabupaten Banyumas. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 22(2), 366–377. https://doi.org/10.24090/insania.v22i2.1225
Nuswantari. (2018). Pengaruh Pembelajaran Nilai-Nilai Toleransi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Civic Education, 2(2), 1–11.
Purnomo, A., Muntholib, A., Mulianingsih, F., Sosial, F. I., Semarang, U. N., Artikel, I., & Didik, P. (2019). Pelatihan serta Pengembangan Handout IPS yang Berorientasi kepada Perpres Nomor 87 Tahun 2017 dalam Forum Guru di Ambarawa. Jurnal Panjar, 1(2), 156–159.
Seli Marlia, Aji Fauziana Ridwan, A. P. (2018). Penerapan Metode dalam Pembelajaran Role Playing Guna Peningkatan Sikap Toleransi yang memiliki Keragaman Suku Bangsa serta Budaya Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(1), 186–211.
Setyaningsih, Theresia Titik. 2020. Influence of school leadership, discipline, and work motivation toward high school teacher performance. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia. Vol 7 No. 1. Hal 66-77. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v7i1.13423.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian pendidikan. Bandung: ALFABETA
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3439
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.