TINJAUAN HISTORIS PENDIDIKAN IPS DI INDONESIA
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan tinjauan historis Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS) di Indonesia. Pendidikan IPS di Indonesia tidak serta merta muncul dan berkembang sesuai dengan yang ada pada saat ini, akan tetapi mengalami perjalanan panjang dengan penuh dinamikanya. Tulisan ini mengkaji tentang pendidikan IPS ditinjau dari sejarah dan perkembanganya dengan menggunakan langkah-langkah metode historis yaitu heusristik, kritik sumber (ekstern dan intern), interpretasi dan historiografi. Perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia mengadopsi Pendidikan IPS di beberapa Negara besar dunia. Amerika serikat dan Inggris menjadi acuan Pendidikan IPS di Indonesia. Hal ini merujuk pada kesamaan kondisi masyarakatnya yang multikultural dan latarbelakang kondisi Negara yang kacau pada saat itu. Namun demikian, perkembangan Pendidikan IPS di Indonesia terdapat penyesuain dengan kondisi masyarakat dan pemerintahan yang ada di Indonesia sehingga berdampak pada penyusunan kurikulum pendidikan IPS di Indonesia yang disampaikan pada pembelajaran di Sekolah. Seiring perkembangan teknologi, pendidikan IPS berkembang dengan memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran. Selain memanfaatkan kemajuan teknologi, perkembangan meteri pembelajaran IPS juga masih melibatkan masyarakat yang lebih luas.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS; Perkembangan IPS
Full Text:
PDFReferences
Alian Sair.2012. Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang. Proyek SP4 Universitas Sriwijaya
Bobi Hidayat. 2016. Aplikasi Penulisan Sejarah Pada Mata Kuliah Sejarah Sosial Historia:Jurnal Pembelajaran Sejarah dan Sejarah UM Metro. Vol 4 nomor 1 halaman 12
Daliman. 2012. Metode Penelitian Sejarah.Yogyakarta. Ombak
Depdiknas. 2011. Diklat IPS Terpadu”Model Keterpaduan IPS”. Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional
Hamid Hasan. 1996. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik
Huriah Rachmah. 2014. Pengembangan Profesi Pendidikan IPS.Bandung. Alfabeta
Kuntowijoyo. 2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta. PT Tiara Wacana Yogya
Louis Gottschalk. 1986. Mengerti Sejarah. Jakarta. Universitas Indonesia
Marzuki Yass. 2004. Metodologi Sejarah dan Historiografi. Palembang. Proyek SP4 Universitas Sriwijaya
M. Iqbal Birsyada. 2014. Sejarah Perkembangan IPS di Indonesia:Jurnal Sosialita, Vol. 1, No. 2, November 2014
M. Numan Somantri. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung.PT Remaja Rosdakarya
Riswan Jaenudin. 2014. Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Sistem Pendidikan di Indonesia:Jurnal Forum Sosial Vol. VII No. 01 Februari 2014
Rudy Gunawan.2016.Pendidikan IPS, Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung.Alfabeta.
Sapriya.2017.Pendidikan IPS, Konsep dan Pembelajaran. Bandung.PT Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3493
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia indexed by:
Jurnal Pendidikan IPS Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.