ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN JARINGAN FTTH ( FIBER TO THE HOME ) 3PLAY INDIHOME TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN WILAYAH SINGARAJA BALI

Putu Buddhi Prameswara

Abstract


PT. Telkom Indonesia mengembangkan jaringan baru dengan label Indihome dan menggunakan teknologi fiber optic. Indihome menawarkan layanan Triple Play Service atau 3Play yang terdiri internet, telepon dan usee tv. Jaringan fiber optic indihome tersebut dikenal dengan nama  Fiber To The Home (FTTH). Dari pengembangan jaringan baru ini, jaringan akses FTTH Witel Singaraja memiliki beberapa permasalahan didalam layanan 3Play indihome dan dari permasalahan tesebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pengaruh kualitas layanan jaringan FTTH (Fiber To The Home) 3Play Indihome terhadap kepuasan pelanggan di kota Singaraja. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis kuantitatif dan sampel yang digunakan yaitu pelanggan yang menggunakan layanan 3Play indihome dengan melibatkan 75 responden. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kualitas layanan jaringan FTTH 3Play indihome di Singaraja menunjukkan sebagian besar berada pada kualifikasi ‘kurang baik’ dan ‘tidak baik’.  Kualitas layanan jaringan FTTH 3Play Indihome tampaknya berimplikasi terhadap kepuasan pelanggan yang sebagian besar berada pada kualifikasi ‘kurang puas’ dan ‘tidak puas’. Dari hasil kualitas dan kepuasan pelanggan, dipengaruhi oleh instalasi pada jaringan fiber otic yang dibangun. Dari hasil pengamatan di lapangan, didapatkan nilai redaman yang besar pada ONT (Optical Network Teminal) di pelanggan. Secara teknis nilai redaman ini mempengaruhi kulitas layanan 3Play indihome karena melebihi dari standar redaman yang ditetapkan.  Dengan demikian berdasarkan analisis data tersebut, disarankan kepada PT. Telkom Indonesia Tbk Witel Singaraja untuk meninjau kembali instalasi fiber optic yang telah dibangun untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen.

PT. Telkom Indonesia mengembangkan jaringan baru dengan label Indihome dan menggunakan teknologi fiber optic. Indihome menawarkan layanan Triple Play Service atau 3Play yang terdiri internet, telepon dan usee tv. Jaringan fiber optic indihome tersebut dikenal dengan nama  Fiber To The Home (FTTH). Dari pengembangan jaringan baru ini, jaringan akses FTTH Witel Singaraja memiliki beberapa permasalahan didalam layanan 3Play indihome dan dari permasalahan tesebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan pengaruh kualitas layanan jaringan FTTH (Fiber To The Home) 3Play Indihome terhadap kepuasan pelanggan di kota Singaraja. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis kuantitatif dan sampel yang digunakan yaitu pelanggan yang menggunakan layanan 3Play indihome dengan melibatkan 75 responden. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kualitas layanan jaringan FTTH 3Play indihome di Singaraja menunjukkan sebagian besar berada pada kualifikasi ‘kurang baik’ dan ‘tidak baik’.  Kualitas layanan jaringan FTTH 3Play Indihome tampaknya berimplikasi terhadap kepuasan pelanggan yang sebagian besar berada pada kualifikasi ‘kurang puas’ dan ‘tidak puas’. Dari hasil kualitas dan kepuasan pelanggan, dipengaruhi oleh instalasi pada jaringan fiber otic yang dibangun. Dari hasil pengamatan di lapangan, didapatkan nilai redaman yang besar pada ONT (Optical Network Teminal) di pelanggan. Secara teknis nilai redaman ini mempengaruhi kulitas layanan 3Play indihome karena melebihi dari standar redaman yang ditetapkan.  Dengan demikian berdasarkan analisis data tersebut, disarankan kepada PT. Telkom Indonesia Tbk Witel Singaraja untuk meninjau kembali instalasi fiber optic yang telah dibangun untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jik.v3i2.2762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA


Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA Undiksha indexed by:

     

Creative Commons License