PERANCANAAN STRATEGIS SMART SCHOOL UNTUK SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK WARD & PEPPARD DI SMK NEGERI 1 TAMPAKSIRING

I Gusti Ngurah Bagus Aryotejo

Abstract


SMK merupakan pendidikan formal yang bertujuan menghasilkan lulusan yang siap kerja di dunia usaha dan industri.Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut, Proses demi proses harus dilakukan. Salah satu upaya SMK Negeri 1 Tampaksiring adalah perbaikan SDM untuk memanfaatkan TI dalan proses pembelajaran, serta pembaharuan sistem informasi dan fasilitas penunjangnya,Untuk  bisa menjadi smart school, perlu perencanaan yang matang agar tersusun rancana (blue print) sistem informasi sekolah yang terintegrasi. Untuk mendapatkan rencana strategis yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan SMK Negeri 1 Tampaksiring dengan menerapkan kerangka model Ward and Peppard. Kegiatan pada metode ini melakukan analisis kondisi internal Sekolah dan aktivitas didalam Sekolah. Tools untuk analisa antara lain menggunkan analisa SWOT,analisis value chain, analisis five force porter, McFarrland Grid, analisis critical succes factor (CSF).  Dengan menggunakan analisa dari beberapa tool akan menghasilkan, usulan pembentukan bagian Information and Communication Technology ( ICT ), dan strategi TI untuk melengkapi sarana dan prasarana untuk menunjang usulan portofolio aplikasi yang akan datang, serta rencana smart school ini akan menjadi roadmap sebagai bahan acuan implementasi bagi SMK Negeri 1 Tampaksiring di masa mendatang.


Full Text:

PDF

References


I. W. W. Karsana, I. M. Candiasa, dan G. R. Dantes, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Ward and Peppard pada Sekolah Bali Kiddy,” J. Rekayasa Teknol. Inf., 2019.

J. Peppard dan J. Ward, “The strategic management of information systems. Building a digital strategy.,” in The strategic management of information systems: Building a digital strategy, 2016.

Ari Wedhasmara, “LANGKAH-LANGKAH PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD | Wedhasmara | Jurnal Sistem Informasi,” Jsi, 2017.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, “PANDUAN PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN 4.0 SMART SCHOOL DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” 2019.

U. Kasma, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif,” CSRID (Computer Sci. Res. Its Dev. Journal), 2020.

S. Lena dan A. Prasojo, Riyadi, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Pada SMK Medikom,” J. LPKIA, 2017.

F. Rangkuti, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. 2013.




DOI: https://doi.org/10.23887/jik.v6i1.3603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA


Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA Undiksha indexed by:

     

Creative Commons License