PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BATUAN BEKU MENGGUNAKAN METODE MARKER-BASED TRACKING

Kadek Surya Adi Saputra

Abstract


Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dan dunia maya yang berjalan secara real-time. Penerapan augmented reality sebagai media pengenalan dapat memberikan pemahaman dengan cara yang menarik. Kurangnya fasilitas pendukukng di dalam penyampaian suatu informasi dan media pengenalan yang menarik dan interaktif bagi siswa SMA khususnya siswa jurusan IPS. Dengan didukung teknologi AR diharapkan minat belajar siswa semakin meningkat dalam memahami mata pelajaran khususnya batuan beku. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan pengembangan metode Waterfall dan dirancang mengguynakan Unified Modeling Language (UML) dengan bahasa pemrograman C++, Vuforia digunakan sebagai library marker, dan Unity untuk membangun aplikasi hingga menjadi sebuah .apk. Sehingga dihasilkan sebuah sistem berbasis android berdasarkan jenis pengujian yaitu black box testing yang menunjukkan aplikasi sudah berjalan sesuai dengan fungsi yang digambarkan pada desain sistem, kemudian heuristic evaluation memperlihatkan aplikasi ini sudah memenuhi 9 aspek dari 10 aspek yang ada. Kemudian pada pengujian penguna mengunakan kuisioner dihasilkan skor Manfaat Aplikasi 90.8%, Kemudahan 86.93%, Interface 82% dan Konten 90.2%.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/jik.v6i1.3605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Diterbitkan oleh:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA


Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22570
Homepage: http://www.undiksha.ac.id


JURNAL ILMU KOMPUTER INDONESIA Undiksha indexed by:

     

Creative Commons License