DEVELOPING SYLLABUS AND INSTRUCTIONAL MATERIALS FOR READING 2 COURSE IN ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT OF GANESHA UNIVERSITY OF EDUCATION SINGARAJA

NI GUSTI AGUNG PUTRI KUSUMA RAHAYU ., DR. LUH PUTU ARTINI, M.A. ., PROF. DR. PUTU KERTI NITIASIH, M.A. .

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan silabus Reading II yang mendukung keterampilan membaca siswa tingkat menengah, 2) mengembangkan materi pembelajaran untuk Reading II yang dapat digunakan sebagai pedoman pada siswa tingkat menengah, 3) menganalisis kualitas dari bahan ajar maju yang dilihat dari relevansi dan pembacaan teks. Subyek penelitian adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di semester ketiga dan dosen yang mengajar Membaca 2 kursus di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris. Sementara itu, objek penelitian ini adalah silabus dan materi pembelajaran tentu Reading II. Karena tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan silabus dan materi pembelajaran, desain penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan Desain (R & D) yang dikembangkan dengan menggunakan penelitian dan pengembangan yang diusulkan oleh Sugiyono (2010). Prosedur pengembangan setiap produk adalah (1) Identifikasi masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Desain Validasi, (5) Desain Revisi, (6) Prototype. Dari hasil semua prosedur, ditemukan bahwa bahan yang dibutuhkan harus memenuhi persyaratan yang diberikan dalam silabus dan kriteria bahan yang baik. Ini berarti bahwa silabus dan bahan ajar yang dirancang berdasarkan kriteria silabus yang baik untuk fakultas, bahan yang baik dimulai dengan merancang cetak biru, merancang silabus dan bahan ajar, melewati para ahli penilaian, dan sedang direvisi. Bahan yang dirancang dalam penelitian ini dikategorikan sebagai bahan prototipe yang baik. Sehingga prototipe sudah siap untuk tryout lanjut.

Kata Kunci : pengembangan silabus, bahan ajar, level membaca

Abstract
This study aimed at 1) developing the syllabus of Reading II that supports the reading skills of the intermediate level students, 2) developing the instructional material for Reading II that can be used as a guideline at the intermediate level students, 3) analyzing the quality of the developed instructional materials that viewed from the relevancy and readability the texts. The subjects of the study were the students of English Education Department in third semester and the lecturer who teach Reading 2 course in English Education Department. Meanwhile, the objects of this study were the syllabus and instructional material of Reading II course. Since the purpose of this study was developing syllabus and instructional material, the design of this study was Research and Development Design (R&D) which was developed by using the research and development proposed by Sugiyono (2010). The procedures of developing each product was (1) problem Identification, (2) Data Collection, (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Design Revision, (6) Prototype. From the result of all procedures, it was found that the materials which were needed should meet the requirements provided in the syllabus and criteria of good material. It meant that the syllabus and instructional materials were designed based on the criteria of good syllabus for faculty, good material started by designing the blue print, designing syllabus and instructional materials, passing the experts judgment, and being revised. The materials designed in this study were categorized as good prototype material. so that the prototype was ready for further tryout.

keyword : developing syllabus, instructional material, reading level



DOI: https://doi.org/10.23887/jpbi.v4i1.2124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :




Universitas Pendidikan Ganesha




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia indexed by:

 

  Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 




Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.