PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X SMA PGRI 1 AMLAPURA

NI NYOMAN NGERTINI ., Prof. Dr I Wayan Sadia,M.Pd ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan literasi sains antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran Inkuiri dengan siswa yang mengikuti model Pengajaran Langsung (Direct Instruction). Mengacu pada permasalahan yang telah dirumuskan, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA PGRI 1 Amlapura tahun pelajaran 2013/2014 yang jumlahnya 64 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu siswa kelas X IPA 1 dan X IPA 2. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan studi sensus karena seluruh kelas X IPA dijadikan sebagai sumber data penelitian. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan MANOVA, dapat diambil simpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan literasi sains antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung (Direct Instruction).
Kata Kunci : Inquiri, Literasi Sains, pemahaman konsep

This study aimed at analyzing the differences in concept understanding ability and scientific literacy among students who learnt through Inquiry model and students who learnt through Direct model (Direct Instruction). Referring to the issues that had been formulated, this study was an experimental study. The design of this study was post-test only control group design. The population in this study were all students of class X SMA PGRI 1 Amlapura academic year 2013/2014 consisting of 64 students that were distributed in science X1 and science X2 classes. The samples of this study were chosen through census study in which all students of science X classes were used as the source of the research data. Based on the results of hypothesis testing through MANOVA, it can be found that there are significant differences in students’ concept understanding ability and scientific literacy among the group of students who learnt through Guided Inquiry model as compared with the group of students who learnt through Direct model (Direct Instruction).
keyword : Inquiry, Scientific Literacy, Concept Understanding

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.