PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GI BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD SARASWATI TABANAN

NI MADE YULIANI ., Prof. Dr. Gde Anggan Suhandana ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan secara simultan sikap sosial dan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti Pembelajaran Kooperatif GI berbasis masalah kontekstual dan siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kovensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Saraswati Tabanan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 140 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling dan didapatkan kelas IV A SD Saraswati Tabanan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B SD Saraswati Tabanan sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan dengan kuesioner untuk sikap sosial siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif GI dengan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Konvensional, (Fhitung = 4,040; harga ini signifikan pada sifnifikansi 0,05). (2) terdapat perbedaan secara signifikan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif GI dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional (Fhitung = 6,370; harga ini signifikan pada taraf signifikanssi 0,05). (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPS dan sikap sosial antara siswa yang mengikuti Model Pembelajaran Kooperatif GI dengan siswa yang mengikuti pendekatan Pembelajaran Konvensional (F untuk Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace dan Roy’s Largest Root memiliki signifikansi lebih kecil dari 0,05). Artinya harga ini signifikan pada taraf 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif GI berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPS dan sikap sosial siswa.
Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif GI

This study intended to analyze and describe the differences of the students’ social attitude and the students’ learning outcomes of social subject who used GI cooperative learning model with contextual problem from the students who used the conventional learning model. The population of this study was all of fourth grade students of SD Saraswati Tabanan in the academic year 2013/2014, in which it consisted of six classes with 140 students. The sample was taken by using random sampling technique and was obtained that the class IVA was the experiment class and class IVB was the control class. The data which was collected through questionnaire was for the social attitude while the data of the test was for the students’ learning outcomes. The result of the study showed that (1) there was significant difference of students’ learning outcomes in social subject between the students who followed GI cooperative learning model with the students who followed conventional learning model, (Fcount=4,040; this cost was significant to 0,05). (2) There was significant difference of social attitude between the students who followed GI cooperative learning model with the students who followed conventional learning model (Fcount=6,370; this cost was significant to 0,05). (3) There was significant difference of learning outcomes in social subject and social attitude between the students who followed GI cooperative learning model with the students who followed conventional learning model (F for Pillai’s Trace, Wilks’ Lamda, Hotelling’s Trace and Roy’s Largest Root has less significant of 0,05). Here, it meant that this cost was significant at level 0,05. Therefore, it could be concluded that GI Cooperative Learning Model has effected on the learning outcomes in social subject and students’ social attitude.
keyword : GI cooperative learning model, social attitude

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v4i1.1037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.