KONTRIBUSI KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN, KEDISIPLINAN, DAN PRESTASI MATA DIKLAT PRODUKTIF, TERHADAP KEBERHASILAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI ( STUDI PARA SISWA KELAS XII JURUSAN JASA BOGA SMK WIRA HARAPAN-BADUNG )
Abstract
ABSTRAK
Andriyas (2011), Kontribusi Kualitas Proses Pembelajaran, Kedisiplinan, dan Prestasi Mata Diklat Produktif, Terhadap keberhasilan Praktek Kerja Industri ( Studi para siswa kelas XII jurusan Jasa Boga SMK Wira Harapan-Badung ).
Tesis Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha,
Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof.Dr. I Nyoman Dantes dan Pembimbing II : Dr. Rer Nat Wayan Karyasa, M.Sc.
Kata kunci: kualitas pembelajaran, kedisiplinan, mata diklat produktif, kabupaten badung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya Kontribusi beberapa variabel, yaitu: (1) Kualitas Proses pembelajaran, (2) Kedisiplinan, (3) Prestasi Mata Diklat Produktif, secara bersana-sama terhadap keberhasilan praktek kerja industri siswa kelas XII SMK Wira Harapan-Badung.
Populasi dalam penelitian ini, adalah seluruh siswa kelas XII jurusan jasa boga yang berjumlah 84 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan studi sensus. Penelitian ini dirancang dalam bentuk ex-post facto. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, kualitas proses pembelajaran, kedisiplinan, dan penguasaan mata diklat produktif, kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi jamak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kualitas proses pembelajaran terhadap keberhasilan praktek kerja industri dengan koefisien sebesar 13,0 % dan sumbangan efektif sebesar 22,77 % (2) tedapat kontribusi yang signifikan antara kedisiplinan terhadap keberhasilan praktek kerja industri dengan koefisien sebesar 38,1 % dan sumbangan efektif sebesar 10,07 % , (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara prestasi mata diklat produktif terhadap keberhasilan praktek kerja industri dengan koefisien sebesar 28,1 % dan sumbangan efektif sebesar 2,78 % .
Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat kontribusi yang signifikan kualitas proses pembelajaran, kedisiplinan, dan prestasi mata diklat produktif, terhadap keberhasilan praktek kerja industri, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama. Dengan demikian ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan keberhasilan praktek kerja industri siswa kelas XII jurusan jasa boga SMK Wira Harapan Kabupaten Badung.DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.