KONTRIBUSI GENERAL MOTOR ABILITY, MOTIVASI BERPRESTASI DAN KARAKTERISTIK KELUARGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 KUTA UTARA

I GEDE ANGERANCITA

Abstract


ABSTRAK

 

Angerancita, I Gede, Kontribusi General Motor Ability, Motivasi Berprestasi dan Karakteristik Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasamani Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kuta Utara

 

Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2011.

 

Tesis ini telah dikoreksi oleh Pembimbing I : Prof.Dr. Ni Ketut Suarni, M.S dan Pembimbing II : Prof. I Nyoman Natajaya, M.Pd

 

Kata Kunci   :  General Motor Ability, Motivasi Berprestasi, Karakteristik Keluarga, Prestasi Belajar Pendidikan Jasamani

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) kontribusi general motor ability terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani, (2) kontribusi motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani, (3) kontribusi karakteristik keluarga terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani, (4) kontribusi general motor ability, motivasi berprestasi, dan karakteristik keluarga secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Kuta Utara.

Penelitian ini termasuk penelitian ex-post fakto yang berbentuk korelasional dengan populasi subyek mencakup siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kuta Utara, yang berjumlah 71 orang. Penelitian ini adalah survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner untuk variabel motivasi berprestasi, karakteristik keluarga. Penyusunan kuesioner dilakukan dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, dan analisis korelasi parsial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara  general motor ability dengan prestasi belajar pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Kuta dengan kontribusi sebesar 30,1%,  sumbangan efektif (SE) sebesar 16%,  dan determinasi parsial sebesar 7%. Terdapat kontribusi yang signifikan antara  motivasi berprestasi dengan prestasi belajar pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan kontribusi sebesar 9,4%, sumbangan efektif (SE) sebesar 4%, dan determinasi parsial sebesar 6%. Terdapat kontribusi yang signifikan antara  karakteristik keluarga dengan prestasi belajar pendidikan jasmani di SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan kontribusi sebesar 31,7%,  sumbangan efektif (SE) sebesar 20,2%, dan determinasi parsial sebesar 12,6%. Terdapat kontribusi yang signifikan antara General Motor Ability, Motivasi Berprestasi dan Karakteristik Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Jasamani di SMA Negeri 1 Kuta Utara dengan kontribusi sebesar 31,7%. Karakteristik keluarga yang terbentuk memberikan kontribusi yang paling besar. Hal ini berarti bahwa karakteristik keluarga merupakan prediktor yang paling dominan dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan jasmanis siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kuta Utara.

ABSTRACT

 

Angerancita, I Gede, The Contribution of General Motor Ability, Motivation For Achievement and Family's Characteristics Toward Learning Achievement in Physical Education Students of grade X at SMA Negeri 1 Kuta Utara

 

Thesis. Singaraja: Post - Graduated Program University of Education of Ganesha Singaraja, 2011

 

This thesis has been corrected by Supervisor I: Prof.Dr.Ni Ketut Suarni, M.S and Supervisor II: Prof. I Nyoman Natajaya, M.Pd

 

Key words:   General Motor Ability, Motivation for Achievement, Family's Characteristics, Learning Achievement in Physical Education.

 

This research aims at acknowledging and analyzing: (1) the contribution of general motor ability toward learning achievement in physical education, (2) contribution of motivation for achievement toward learning achievement in physical education, (3) contribution of family's characteristics toward learning achievement in physical education, (4) contribution of general motor ability, motivation for achievement, and family's characteristics as a whole toward learning achievement in physical education at SMA Negeri 1 Kuta Utara.

This research is a co relational ex-post facto with the subject of population included the students of grade X with the total number 71 students. This study is also a survey. The data were collected through questionnaires for variable motivation for achievement and family's characteristics. The questionnaires were developed using Likert Scale. The data were analyzed using simple regression, complex regression and partial correlation analysis.

The result of the research indicated that there is a significant contribution between general motor ability and learning achievement in physical education at SMA Negeri 1 Kuta Utara with the contribution 30,1%, effective contribution 16 %, and partial determination 7 %. There is a significant contribution between motivation for achievement and learning achievement with the contribution 9,4 %, effective contribution 4%, and partial determination 6%. There is a significant contribution between family's characteristics and learning achievement in physical education at SMA Negeri 1 Kuta Utara with the contribution 31,7 %, effective contribution 20,2%, and partial determination 12,6 %. There is a significant contribution between general motor ability, motivation for achievement and family's characteristics toward learning achievement in physical education at SMA Negeri 1 Kuta Utara with the total contribution 31,7%. Family's characteristics in this research gave the biggest contribution. This meant that family's characteristics is the dominant predictor that increase the learning achievement in physical education for students of grade X at SMA Negeri 1 Kuta Utara.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.