KONTRIBUSI LINGKUNGAN KERJA, KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN ETOS KERJA TERHADAP KINERJA GURU MAN SE KABUPATEN JEMBRANA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis : 1) kontribusi lingkungan kerja signifikan terhadap kinerja guru MAN se Kabupaten Jembrana; 2) kontribusi kepemimpinan kepala Madrasah signifikan terhadap kinerja guru MAN se Kabupaten Jembrana; 3) kontribusi etos kerja signifikan terhadap kinerja guru MAN se Kabupaten Jembrana; 4) kontribusi secara bersama-sama lingkungan kerja, kepemimpinan kepala Madrasah dan etos kerja signifikan terhadap kinerja guru MAN se Kabupaten Jembrana.
Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto yang berbentuk kontribusi dengan populasi subyek mencakup semua guru MAN se Kabupaten Jembrana yang berjumlah 68 orang. Penelitian ini menggunakan studi sensus. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner untuk variabel lingkungan kerja, kepemimpinan kepala Madrasah, etos kerja dan variabel kinerja guru. Penyusunan kuisioner dan instrumen observasi dilakukan dengan menggunakn model skala Linkert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, regresi parsial dengan bantuan program SPSS 17.00 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan dari : (1) Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan kontribusi sebesar 75,4%, sumbangan efektif (SE) sebesar 21%, dan determinasi parsial sebesar 75,4% (2) Kepemimpinan Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru dengan kontribusi sebesar 76,9 % sumbangan efektif (SE) sebesar 46 %, dan determinasi parsial sebesar 76,9% (3) Etos Kerja terhadap Kinerja Guru terhadap Kinerja Guru dengan kontribusi sebesar 38,6% sumbangan efektif (SE) sebesar 12% dan determinasi parsial sebesar 38,6%, (4) secara simultan antara Lingkungan Kerja, Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru dengan kontribusi sebesar 79,8 %. Variabel Kepemimpinan kepala Madrasah memberikan kontribusi yang paling besar jika dibandingkan dengan dua variabel lainnya. Hal ini berarti bahwa kepemimpinan kepala Madrasah merupakan prediktor yang paling dominan dalam meningkatkan kinerja guru MAN se Kabupaten Jembrana.
Kata kunci : Lingkungan Kerja, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Etos Kerja dan Kinerja Guru
ABSTRACT
This reseach aims to identify and analyze; (1) The significance contribution of work environment to teacher performance in MAN of Jembrana Regency; 2) The significance contribution of headmaster leadership to teacher’s performance in MAN of Jembrana Regency; 3) The significance contribution of working ethos to teacher’s performance in MAN of Jembrana Regency; 4) The significance contribution work environment, headmaster leadership and working ethos to teacher’s performance simultaneously at the school above.
This research belonged to ex-post facto shaped contribution to the population of subjects covering all the teachers of MAN in Jembrana regency, totaling 68 people. This research was a census studies Data were collected using a questionnaire to the work environment variables, headmaster leadership, working ethos dan teacher’s performance. Preparation of questionnaires and observation instruments were constructed by using a Linkert scale model. Data were analyze by using simple regression, multiple regression as well as partial regression. To process the data aided by SPSS 17,00 for Windows programs.
The results of this reseach indicate that there are significant contributions from: (1) work environment to teacher’s performance with contribution of 75,4%, effective contribution (EC) by 21% and partial determination of 75,4% (2) Headmaster Leadership to Teacher’s performance with contribution of 76,9 %, effective contribution (EC) of 46% and partial determination of 76,9% (3) Work ethos to teacher’s performance with contribution amounting to 38,6%, effective contribution (EC) by 12% and partial determination of 38,6% (4) simultaneous contribution among work environment, headmaster leadership and working ethos to teacher’s performance with contribution of 79,8 %. The highest contribution of Headmaster Leadership. This means that the level headmaster leadership are the most dominant predictor in improving teacher’s performance in MAN of Jembrana regency.
Keywords : Work Environment, Headmaster Leadership, Work Ethos and Teacher’s Performance
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.118
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.