KONTRIBUSI DUNIA USAHA/DUNIA INDUSTRI DALAM PSG, IKLIM SEKOLAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRODUKTIF PADA KELAS XII SMK PARIWISATA HARAPAN DENPASAR

GUSTI MADE ARTIKA

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ex-post facto ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kontribusi dunia usaha duni industri dalam PSG, (2) iklim sekolah, (3) motivasi belajar terhadap pestasi belajar siswa, dan (4) kontribusi kontribusi dunia usaha duni industri dalam PSG, iklim sekolah,  motivasi belajar secara bersama-sama terhadap pestasi belajar siswa.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Pariwisata Harapan Denasar yang berjumlah 330 orang, maka sampel yang yang dapat diambil adalah 164 orang. Teknik sampling yang digunakan untuk memilih sampel adalah teknik sampling secara random atas dasar strata yang proporsional ( Proporsional stratified random sampling). Instrumen yang digunakan adalah: (1) Kuesioner dunia usaha dunia industri dalam PSG, kuesioner iklim sekolah, (3) kuesioner motivasi belajar, (4) nilai apot dan nilai yang di dapat dari dunia usaha dunia industri. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi sederhana, korelasi sederhana, regresi ganda, korelasi ganda, dan korelasi parsial.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara dunia usaha dunia industri dalam PSG terhadap prestasi belajar produktif siswa kelas XII SMK Pariwisata Harapan Denpasar dengan persamaan regresi Ŷ = 136,99 + 0,261 X1 dengan Freg = 0,462, dan kontribusi 21,30 % (p< 0,05), sumbangan efektif 15,31%. (2) terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim sekolah dengan prestasi belajar produktif siswa SMK Pariwisata Harapan Denpasar dengan persamaan regresi Ŷ = 142,82 + 0,210 X2 dengan Freg = 0,472, dan kontribusi 22,30%, (p< 0,05), sumbangan efektif 13,24%.  (3) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar produktif siswa SMK Pariwisata Harapan Denpasar dengan persamaan regresi Ŷ = 154,08 + 0,129 X3, dengan Freg = 0,400, dan kontribusi 16% (p<0,05), sumbangan efektif 12,83%. (4) terdapat kontribusi yang signifikan antara dunia usaha dunia industri dalam PSG, iklim sekolah, dan motivasi belajar dengan prestasi belajar produktif siswa SMK Pariwisata Harapan Denpasar dengan persamaan regresi Ŷ = 111,61 + 0,187X1 + 0,126X2 + 0,102X3, dengan Freg = 0,643, dan kontribusi 41,4%  (p<0,05), sumbangan efektif 41,38%.

 

Berdasrkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel dunia usaha dunia industri dalam PSG, iklim sekolah, dan motivasi belajar dapat dijadikan prediktor  prestasi belajar produktif siswa kelas XII SMK Pariwisata Harapan Denpasar.

ABSTRACT

The study was an ex-post facto design, conducted in order to fiure out: (1) the contribution of business and industries in “PSG”, (2) school climate, (3) learning motivation towards  the students’ learning achievement, and (4) the contribution of business and industry enterprises in “PSG”, school climate, learning motivation towards the students’learning achievement.

The population of the study involved a total number of 330 students of class XII at SMK Pariwisata Harapan Denpasar, from which only 164 samples were determined bases on a proportional stratified random sampling technique. The instruments used to collect data were (1) questionnaires of business and industry enterprises in “PSG”, (2) questionnaires of school climate, (3) questionnaires of learning motivation, and (4) the students’ scores from the school report and business and industry enterprises. The analysis was made by using simple and multiple regression, simple and multiple correlation, and partial and multiple correlation techniques.

The findings indicated that: (1) there was a significant contribution of business and industry  enterprises in “PSG” towards the students’ productive learning achievement at class XII SMK Pariwisata Harapan Denpasar with the regression equation of Ŷ = 136,99 + 0,261 X1 with Freg = 0,462, dand contributing value of 21,30 % (p< 0,05), and its effective contribution of 15.31%, (2) there was a significant contribution of the school climate towards the productive learning achievement at SMK Pariwisata Harapan Denpasar with a regression equation of Ŷ = 142,82 + 0,210 X2 with Freg = 0,472, and contributing value of 22,30%, (p< 0,05), and its effective contribution of 13.24%, (3) there was a significant contribution of learning motivation towards the student productive learning achievement at SMK Pariwisata Harapan Denpasar with a regression equation of Ŷ = 154,08 + 0,129 X3, with Freg = 0,400, and contributing value of 16% (p<0.05), and its effective contribution of 12.83%, (4) there was a significant contribution of business and industry enterprises in “PSG”, school climate, learning motivation towards the students’ learning achievement with a regression equation of Ŷ = 111,61 + 0,187X1 + 0,126X2 + 0,102X3, with Freg = 0,643, and contributing value of 41,4%  (p<0,05), and its effective contribution of 41,38%.

Based on the findings it could be concluded that the variables of industry and business enterprises in “PSG”, school climate and learning motivation could become good predictors of the tendency level of productive achievement of the students class XII at SMK Pariwisata Harapan Denpasar.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v3i1.121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.