PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN OBSERVASIONAL BANDURA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENAM INDONESIA JAYA PADA SISWA KELAS X SMK SARASWATI 3 TABANAN

I PUTU AGUNG UTAMA MAS ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd ., Dr. I Gusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Observasional Bandura Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Senam Indonesia Jaya pada siswa kelas X SMK Saraswati 3 Tabanan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental lapangan dengan pola The Post-test Only Control Group Design . Populasi dalam penelitian ini berjumlah 11 kelas dan sampel berjumlah 4 kelas. Data motivasi siswa dikumpulkan menggunakan lembar koesioner dan data hasil belajar Senam Indonesia Jaya dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda, essay dan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) Motivasi senam Indonesia Jaya siswa yang mengikuti model pembelajaran Observasional Bandura lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) Hasil belajar senam yang mengikuti model pembelajaran Observasional Bandura lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, motivasi dan hasil belajar senam Indonesia Jaya siswa yang mengikuti model pembelajaran Observasional Bandura lebih baik daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Observasional Bandura dapat berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar senam Indonesia jaya.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Observasional Bandura, Motivasi, Hasil Belajar Senam Indonesia Jaya

This research is made in order to find the influence of Bandura Observational teaching method toward student’s motivation and its result for the first grade student of SMK Saraswati 3 Tabanan in doing Senam Indonesia Jaya. This study used an experimental research design field with a pattern The Post-test Only Control Group Design using 11 classes with 4 classes as sample. The datas of student motivation is taken by using questioner sheet and then the data is collected using multiple choice, essay and observation sheet. The data is analized using MANOVA guided by SPSS 17.00 for windows. The results of this research are: 1) Students who get and do Bandura Observational teaching get better result in motivation than the students who do conventional teaching method, 2) Students who follow Bandura observational teaching method archive better result than having conventional teaching method, 3) Simultanly, the students who get Bandura Observational teaching method get better result than conventional method. Based on that result, so we can conclude that teaching by using Bandura Observational teaching method gives great influence in increasing motivation and its result in doing Senam.
keyword : The Bandura Observational teaching method, motivation, and the result of Senam Indonesia Jaya.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.