KONTRIBUSI MOTIVASI KERJA, PENGALAMAN KERJA, KOMITMEN KERJA GURU TERHADAP KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 DENPASAR

NI KOMANG RAIYANTI ., Prof. Dr. Nengah Bawa Atmadja,MA ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi motivasi kerja, pengalaman kerja, dan komitmen kerja guru terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran secara terpisah maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri 3 Denpasar yang berjumlah 36 orang..Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis regresi dan korelasi.
Hasil analisis ditemukan: (1) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran melalui persamaan garis regresi = 78,668 + 1,190 X1 dengan kontribusi sebesar 46,9 % dan sumbangan efektif sebesar 30,2 %, (2) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara pengalaman kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran melalui persamaan garis regresi: = 219,829 + 8,686 X2 dengan kontribusi sebesar 45,7 % dan sumbangan efektif sebesar 24,8 %, (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara komitmen kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran guru melalui persamaan garis regresi = 126,138 + 1,131 X3 dengan kontribusi sebesar 33,4 % dan sumbangan efektif sebesar 14,5 %, dan (4) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi kerja, pengalaman kerja, dan komitmen kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran melalui persamaan garis regresi = 56,392 + 0,767 X1+ 4,718 X2+ 0,490 X3 dengan kontribusi sebesar 69,5 %. Berdasarkan hasil temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara motivasi kerja, pengalaman kerja, dan komitmen kerja terhadap kualitas pengelolaan pembelajaran secara terpisah maupun simultan. Dengan demikian ketiga faktor tersebut dapat dijadikan prediktor tingkat kecenderungan kualitas pengelolaan pembelajaran di SMP Negeri 3 Denpasar.

Kata Kunci : motivasi kerja, pengalaman kerja, komitmen kerja, kualitas pengelolaan pembelajaran

The study was conducted in order to find out the contributions of work motivation, teacher experience and job commitment toward quality classroom management on SMP Country 3 Denpasar there was a simultaneous nor separately. Population in observational it is SMP’s teacher country 3 Denpasar that total 36 person. It was a study employing an ex-post facto design. The data were collected by using questionnaire and Analyzed based on correlation regressions.
The results indicated that : (1). There was a positive and significant contribution of the work motivation towards quality classroom management with regression equation line = 78,668 + 1,190 X1 with determinant value of 46,9 % and effective contribution of 30,2 %, (2). There was a positive and significant contribution of the teacher experience towards quality classroom management with regression equation line = 219,829 + 8,686 X2 with determinant value 45,7 % and effective contribution of 24,8 %, (3.) there was a positive and significant contribution of the job commitment towards quality classroom management with regression equation line = 126,138 + 1,131 X3 with determinant value of 33,4 % and effective contribution of 14,5 %, and (4) there was a simultaneous positive and significant contribution of work motivation, teacher experience and job commitment toward quality classroom management with regression equation line of = 56,392 + 0,767 X1+ 4,718 X2+ 0,490 X3 with contribution of 69,5 %. Base that finding gets to be concluded, there was a simultaneous positive and significant contribution of work motivation, teacher experience and job commitment toward quality classroom management. Base that can be used as the predictors of the tendency in the quality classroom management on SMP Country 3 Denpasar.

keyword : teacher work motivation, teacher experience, job commitment, quality classroom management

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.