STUDI EVALUASI KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI AMLAPURA TAHUN 2014

SRI DEWI NURMAWATI ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd ., Dr. Kadek Rihendra Dantes, S.T., M.T. .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Amlapura Tahun 2014. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan model CIP. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan mencari arah skor-T dengan mengkonversikannya ke kuadran Glickman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) efektifitas kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Amlapura ditinjau dari komponen latar di berada pada kategori positif, 2) efektifitas kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Amlapura ditinjau dari komponen masukan berada pada kategori positif, 3) efektifitas kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Amlapura ditinjau dari komponen proses berada pada kategori positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa efektivitas kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Amlapura tergolong sangat efektif dengan kondisi KPIH positif-positif-positif (+ + +).
Kata Kunci : kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013, konteks, input, proses.

The aims of this study are to analyze Readiness Teacher in Implementing Curriculum 2013 in the Islamic senior state high school (MAN) of Amlapura Year 2014. This study is the evaluation of the CIP model. The samples used in this study were 32 people. Data collection techniques used in this study is using interviews and questionnaires. Analysis of the data used in this research is descriptive quantitative data analysis and search for direction-T scores by converting it into quadrants Glickman. Based on the research that has been conducted, showed that: 1) the effectiveness of readiness of teachers in implementing the curriculum in 2013 at Islamic senior state high school (MAN) of Amlapura background in terms of the components are in the positive category, 2) the effectiveness of readiness of teachers in implementing the curriculum in 2013 at Islamic senior state high school (MAN) of Amlapura terms of input components are the positive category, 3) the effectiveness of readiness of teachers in implementing the curriculum in 2013 at Madrasah Aliyah Amlapura terms of process components are in positive category. Based on these results, it can be concluded that the effectiveness of the readiness of teachers to implement the curriculum in 2013 at Islamic senior state high school (MAN) of Amlapura as very effective with conditions KPIH positive-positive-positive (+ + +).
keyword : readiness of teachers in implementing the curriculum 2013, the context, input, and process.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.