PENGARUH PMRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 ABANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

I GUSTI BAGUS PUTRA ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom ., Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan antara prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran PMRI dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Populasi penelitian siswa kelas IX SMP Negeri 1 Abang yang berjumlah 307 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji anava dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti PMRIdan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika, (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan matematika realistikdan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, dan (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pendekatan matematika realistikdan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasirendah.

Kata Kunci : Pendekatan PMRI, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar Matematika.

This research is aims to find out and analyze the difference between mathematics learning achievement applying PMRI approach with the other one applying conventional approach. The population of this research was students of class IX SMP Negeri 1 Abang. Sample took with the random sampling technique. The data was analized using two way of anava followed by Tukey-test. This research shows that: (1) there was significant difference between mathematics learning achievement of students following PMRI approach with one using conventional approach, (2) there was effect of interaction between approach and achievement motivation to the mathematics learning achievement, (3) there was significant difference between mathematics learning achievement of students following PMRI approach with one using conventional approach to the groups of students who had high achievement motivation, and (4) there was significant difference between mathematics learning achievement of students following PMRI approach with one using conventional approach to the groups of students who had low achievement motivation.

keyword : PMRI Approach, Mathematics Learning Achievement, Achievement Motivation

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.