KONTRIBUSI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, PENGALAMAN KERJA DAN KOMITMEN KERJA TERHADAP KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INOVATIF PADA SD SE-GUGUS SUKAWATI VI

DEWA AYU OKA SRI ASTUTI ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi antara supervisi akademik kepala sekolah, pengalaman kerja, komitmen kerja guru terhadap kemampuan guru dalam menyusun RPP Inovatif pada SD Segugus Sukawati VI Kabupaten Gianyar. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post facto yang berbentuk korelasional dengan populasi subyek mencakup guru-guru di gugus Sukawati VI, yang berjumlah 95 orang. Penelitian ini adalah survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Penyusunan kuesioner dilakukan dengan menggunakan model skala Likert. Data dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana, regresi ganda, analisis korelasi parsial, determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecenderungan supervisi akademik kepala sekolah berada dalam kategori cukup baik. Terdapat kontribusi yang signifikan antara penerapan supervisi akademik kepala sekolah dengan kemampuan guru dalam menyusun RPP Inovatif, dengan koefisien korelasi (rx1y) sebesar 0,823 dan determinasi sebesar 67,8%,(2) Kecendrungan pengalaman kerja berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan antara pengalaman kerja dengan kemampuan guru dalam menyusun RPP Inovatif, dengan koefisien korelasi (rx2y) sebesar 0,733 dan determinasi sebesar 53,8%. 3) Kecendrungan komitmen kerja guru berada dalam kategori baik. Terdapat kontribusi yang signifikan komitmen kerja dengan kemampuan guru dalam menyusun RPP Inovatif, dengan koefisien korelasi (rx3y) sebesar 0,699 dan determinasi sebesar 48,9%. 4) Kecendrungan kemampuan guru dalam menyusun RPP Inovatif berada dalam kategori sangat baik 5) Terdapat kontribusi yang signifikan supervisi akademik kepala sekolah, pengalaman kerja dan komitmen kerja guru bersama-sama dengan kemampuan guru dalam menyusun RPP inovatif, dengan koefisien korelasi (Ry123) sebesar 0,995 dan determinasi (R2) sebesar 99,0%.
Kata Kunci : supervisi akademik, pengalaman kerja, komitmen kerja, kemampuan guru, RPP inovatif

This study aims to analysis: whether there is significant contribution headmaster academic supervision, work experience, teacher work comittmen teacher ability in arrange inovative RPP in the elementary school in cluster of Sukawati VI, Gianyar regency. This study is ex-post facto in the form of correlational with population coverage all teacher in cluster of Sukawati VI by number of 95 people. This study is survey. Data was collected by using questioner for variable of headmaster academic supervision, work experience, work comittment, and teacher ability in arrange inovative RPP. Arrangement of questioner was conducted by using Likert scale. Data was analyzed by using simple regression, multiple regression, partial correlation analysis, determination. The result showed that (1) Tend of headmaster supervision academic reside in moderate category. There was significant contribution between headmaster supervison academic with teacher ability in arrange inovative RPP, with correlation coeficient (rx1y) is 0,823 and determination is 67,8%, (2) Tend of work experience reside in good category. There was significant contribution between work experience with teacher ability in arrange inovative RPP, with correlation coeficient (rx2y) is 0,723 and determination is 53,8%. (3) Tend of teacher work comittment reside in good category. There was significant contribution between teacher work comittment with teacher ability in arrange inovative RPP, with correlation coeficient (rx3y) is 0,699 and determination is 48,9%. 4) Tend of teacher ability in arrange of inovative RPP in very good category, 5) There was significant contribution between headmaster supervision academic, work experience, teacher work commitment simultaneously with teacher ability to arrange inovative RPP, with correlation coeficient (Ry123) is 0,995 and determination is 99,0%.
keyword : academic supervision, work experience, work comittment, teacher ability, inovative RPP

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.