PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KUTA KABUPATEN BADUNG

NI WAYAN IKA SETYAWATI ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom ., Prof. Dr. I Made Yudana,M.Pd .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) menganalisis perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konvensional, (2) menganalisis perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konvensional, dan (3) menganalisis perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan konvensional.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan desain penelitian posttest only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 SMA Negeri 2 Kuta tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 74 orang siswa. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran terhadap variabel-variabel pemahaman konsep dan keterampilan proses sains (F=24,723; p<0,05).Artinya,pemahaman konsep dan keterampilan proses sains secara bersama-sama menunjukkan perbedaan signifikan antar model pembelajaran, (2) terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dan konvensional (F=14,339; p<0,05). Rata-rata pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih besar daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) terdapat perbedaan keterampilan proses sains yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dan konvensional (F=38,687; p<0,05). Rata-rata keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih besar daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing, pemahaman konsep dan keterampilan proses sains

The purpose of this study was: (1) analyze the differences in the understanding of science concepts and process skills among students who take the guided inquiry learning model with conventional, (2) to analyze the differences between the students' understanding of concepts modeled with conventional guided inquiry learning, and (3) analyze difference between the science process skills of students who take guided inquiry learning model with the conventional. This study was a quasi-experimental design of the study design posttest only control group design. The subjects were students of class XI IPA 2 and XI IPA 3 SMAN 2 Kuta school year 2013/2014, amounting to 74 students. Decision-class research based on random sampling technique. Data were analyzed with descriptive statistics and MANOVA. The results showed that: (1) there is significant effect on the learning model variables and the understanding of the concept of science process skills (F = 24.723; p <0.05). That is, understanding the concepts and science process skills together showed significant differences between the model of learning, (2) there is a significant difference between the understanding of the concept of students who take the guided inquiry learning model and the conventional (F = 14.339; p <0.05). On average students' understanding of the concept of the use of guided inquiry learning model is larger than that using the conventional learning models, and (3) there is a difference significant science process skills among students who take the guided inquiry learning model and the conventional (F = 38.687; p <0.05). On average students are science process skills using guided inquiry learning model is greater than the students who used conventional learning models.
keyword : model of guided inquiry learning, conceptual understanding, and science process skills.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v5i1.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.