DETERMINASI SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA GURU DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KUALITAS PROFESIONAL GURU PADA SMP NEGERI DI KECAMATAN SUKASADA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi supervisi akademik, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kualitas profesional guru pada SMP Negeri Kecamatan Sukasada. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah populasi dan sampel 106 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner, analisis data dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kualitas profesional guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,324 dan sumbangan efektifnya sebesar 5,60%. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kualitas profesional guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,548 dan sumbangan efektifnya sebesar 27,14%. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kualitas profesional guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,290 dan sumbangan efektifnya sebesar 3,67%. (4) Secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kualitas profesional guru, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,603 dan kontribusinya sebesar 36,41% terhadap kualitas profesional guru. Dengan demikian maka ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor kecendrungan peningkatan kualitas profesional guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sukasada.
Kata Kunci : supervisi akademik, motivasi kerja, budaya organisasi dan kualitas profesional
Abstract
This This study aims to determine the contribution of the principal's supervision, motivation, and organizational culture in the professional quality of teachers in Junior High School District of Sukasada. This research is "ex-post facto" with population and sample of 106 people. Data collection tool was a questionnaire, data analysis with regression techniques. The results showed that: (1) there is a significant contribution to the academic supervision of the quality profesional, with a correlation coefficient of 0.324 and the effective contribution of 5.60%. (2) There is a significant contribution to the quality of work motivation profisional with a correlation coefficient of 0.548 and the effective contribution of 27.14%. (3) There is a significant kontriubusi between organizational culture on quality profesional, with a correlation coefficient of 0.290 and the effective contribution of 3.67%. (4) Taken together, there is a significant contribution to the academic supervision, motivation, and organizational culture on quality profesional, with a correlation coefficient of 0.603 and a multiple of 36.4% contribution to the quality of the teacher profisional. Thus, these three variables can be used as predictors of trajectory professional quality of teachers in Junior High School in District Sukasada.
keyword : principal's supervision, motivation, organizational culture and professional quality
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi supervisi akademik, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kualitas profesional guru pada SMP Negeri Kecamatan Sukasada. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah populasi dan sampel 106 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner, analisis data dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kualitas profesional guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,324 dan sumbangan efektifnya sebesar 5,60%. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kualitas profesional guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,548 dan sumbangan efektifnya sebesar 27,14%. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan antara budaya organisasi terhadap kualitas profesional guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,290 dan sumbangan efektifnya sebesar 3,67%. (4) Secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kualitas profesional guru, dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,603 dan kontribusinya sebesar 36,41% terhadap kualitas profesional guru. Dengan demikian maka ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor kecendrungan peningkatan kualitas profesional guru pada SMP Negeri di Kecamatan Sukasada.
Kata Kunci : supervisi akademik, motivasi kerja, budaya organisasi dan kualitas profesional
Abstract
This This study aims to determine the contribution of the principal's supervision, motivation, and organizational culture in the professional quality of teachers in Junior High School District of Sukasada. This research is "ex-post facto" with population and sample of 106 people. Data collection tool was a questionnaire, data analysis with regression techniques. The results showed that: (1) there is a significant contribution to the academic supervision of the quality profesional, with a correlation coefficient of 0.324 and the effective contribution of 5.60%. (2) There is a significant contribution to the quality of work motivation profisional with a correlation coefficient of 0.548 and the effective contribution of 27.14%. (3) There is a significant kontriubusi between organizational culture on quality profesional, with a correlation coefficient of 0.290 and the effective contribution of 3.67%. (4) Taken together, there is a significant contribution to the academic supervision, motivation, and organizational culture on quality profesional, with a correlation coefficient of 0.603 and a multiple of 36.4% contribution to the quality of the teacher profisional. Thus, these three variables can be used as predictors of trajectory professional quality of teachers in Junior High School in District Sukasada.
keyword : principal's supervision, motivation, organizational culture and professional quality
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.