HUBUNGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, SEMANGATKERJA GURU, DAN SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH DENGAN KUALITAS PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PARA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI GUGUS VIII KECAMATAN ABIANSEMALKABUPATEN BADUNG

NI NYOMAN WIDA ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd. .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, SemangatKerja Guru, dan Supervisi Pengawas Sekolah dengan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Para Guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus VIII Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.Penelitian ini menggunakan pendekatanex-post facto.Sampel penelitian berjumlah 60 orang.Data penelitianini dikumpulkan menggunakan kuesioner.Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang signifikan perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kualitas pengelolaan pembelajaran para guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,618 dan sumbangan efektifnya sebesar 19,88% 2) terhadap hubungan yang signifikansemangat kerja guru dengan kualitas pengelolaan pembelajaran para guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,574 dan sumbangan efektifnya sebesar 16,27% 3) terdapat hubungan yang signifikan supervisi pengawas sekolah dengan kualitas pengelolaan pembelajaran para guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,483 dan sumbangan efektifnya sebesar 13,12%, 4) terdapat hubungan yang signifikan secara bersama-sama perilaku kepemimpinan kepala sekolah, semangat kerja guru, supervisi pengawas sekolah dengan kualitas pengelolaan pembelajaran para guru Sekolah Dasar Negeri di Gugus VIII Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung dengan sumbangan koefisien korelasi ganda sebesar 0,702 dan sumbangan efektifnya sebesar 49,27%
Kata Kunci : Perilaku kepemimpinan, semangatkerja, supervisi, kualitas pembelajaran.

This research purposes to know the relationship of head master`s ledership behavior, teacher`s work spirit and supervision of school supervisor with the quality of all teacher`s learning management in school groupVIII Abiansemal district, Badung Regency. The research is on ex-post-facto. The sample of the research are included sixty persons. The data this research is collected using a questionnaire. The data was analyzed with using simple regression analysis, double regression and partial correlation. The result show that (1) there is a significant relationship of head master`s ledership behavior with the quality of all teacher`s learning management with the correlation coefficient equal to 0,618 and its effective contribution equal to 19,88%, (2) there is a significant relationship teacher`s work spirit with the quality of all teacher`s learning management with the correlation coefficient equal to 0,574 and its effective contribution equal to 16,27% (3) there is a significant relationship supervision of school supervisor with the quality of all teacher`s learning management with the correlation coefficient equal to 0,483 and its effective contribution equal to 13,12%, , (4) there is a significant relationship together with head master`s ledership, teacher`s work spirit and supervision of school supervisor with the quality of all teacher`s learning management in school groupVIII Abiansemal district, Badung Regency with the correlation coefficient equal to 0,702 and its effective contribution equal to 49,27%
keyword : head master`s ledership behavior ,teacher`s work spirit, supervision of school supervisor, quality of all teacher`s learning management.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.