Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan Tahun Pelajaran 2014/2015

I NYOMAN AGUS SUMARIANA ., PROF. DR. NYOMAN DANTES ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis antara siswa yang mengikuti model belajar kontekstual dan siswa yang mengikuti model konvensional, (2) perbedaan hasil belajar bahasa inggris antara siswa yang mengikuti model belajar kontekstual dan siswa yang mengikuti model konvensional, dan (3) perbedaan kemampuan menulis siswa dan hasil belajar bahasa inggris antara siswa yang mengikuti model belajar kontekstual dan siswa yang mengikuti model konvensional. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“ non-equivalent post-test only control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari dua rombongan belajar. Teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel adalah teknik random sampling. Dari delapan rombongan belajar yang ada diambil secara random, satu kelas diambil sebagai kelompok eksperimen (kelas yang mengikuti model belajar kontekstual) dan satu kelas sebagai kelompok kontrol (kelas yang mengikuti model konvensional) dengan teknik undian. Data dikumpulkan dengan tes dan dianalisis dengan analisis varians dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) dengan uji-F. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis antara kelompok siswa yang belajar dengan model belajar kontekstual dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan FHitung = 32,836, sig.=0,000 (p < 0,05), (2) terdapat hasil belajar bahasa inggris antara kelompok siswa yang belajar dengan model belajar kontekstual dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 16,665, sig. =0,000 (p<0,05), dan (3) terdapat perbedaan kemampuan menulis dan hasil belajar bahasa inggris antara kelompok siswa yang belajar dengan model belajar kontekstual dan kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional dengan Fhitung = 28,828, sig.=0,000 (p<0,05). Berdasarkan temuan-temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa model belajar kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan menulis dan hasil belajar bahasa inggris bahasa inggris pada siswa Kelas XI SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan.

Kata Kunci : model belajar kontekstual, model konvensional, kemampuan menulis, hasil belajar bahasa inggris

This study aims to determine: (1) the difference between the writing ability of students who follow the contextual learning model and students who follow the conventional model, (2) the difference between Learning English Outcomes of students who follow the contextual learning model and students who follow the conventional model, and ( 3) the differences in students' writing ability and learning English outcomes among students who follow the contextual learning model and students who follow the conventional model. This research is an experiment research with design "non-equivalent post-test only control group design". The populations in this study were all students in XI grade of SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan in the academic year 2014/2015 that consist of eight groups study. The sampling technique used to determine the sample is a random sampling technique. From the eight existing learning groups taken randomly, one class is taken as an experimental group (the class that follows the contextual learning model) and one class as the control group (the class that follows the conventional model) with lottery technique. The Data is collected by the test and analyzed by analysis of variance and Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) with the F-test. The results show that: (1) there are difference of writing ability between the students group who learn the contextual learning model and a student’s group who study with conventional learning model with Fhitung = 32.836, sig. = 0.000 (p <0.05), (2) there is English learning outcomes between groups of students learning with contextual learning model and a group of students who study with conventional learning model with Fhitung = 16.665, sig. = 0.000 (p <0.05), and (3) there are differences in writing ability and English learning outcomes between groups of students learning with contextual learning model and a group of students who study with conventional learning model with Fhitung = 28.828, sig. = 0.000 (p <0.05). Based on the findings above, it can be concluded that the model of contextual learning affect the writing ability and results of English learning of students in XI grade of SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan.

keyword : contextual learning model, the conventional model, writing ability, learning English outcome

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.