KONTRIBUSI KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU (Studi Pada Para Guru SMA Negeri 1 Petang)

I NYOMAN SUWIDARTA ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd. ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kemampuan manajerial kepala sekolah, etos kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah sampel 52 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner dan dokumentasi, analisis data dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan manajerial terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 41,4% dan sumbangan efektifnya sebesar 16,75%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan antara etos kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 41% dan sumbangan efektifnya sebesar 18,20%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 47,2 dan sumbangan efektifnya sebesar 28,03%, 4) secara bersama sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan manajerial, etos kerja, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 62,98%.
Kata Kunci : etos kerja, kemampuan manajerial, kinerja guru, motivasi kerja

This study aims to contribution the principal of managerial ability, work ethic and work motivation on the performance teachers. This research is "ex-post facto" with a sample of 52 people. Data collection tool was a questionnaire and documentation, analysis of data with simple regression techniques, multiple regression, and partial contribution. The results showed that: 1) there is a significant contribution of managerial ability of the teacher's performance with a contribution of 41,4% and the effective contribution of 16,75%, 2) there is a significant contribution of motivation to work on teacher performance with a contribution coefficient of 41% and the effective contribution of 18,20%, 3) there is a significant contribution of the performance of teachers working climate with a contribution coefficient of 47,2% and the effective contribution of 28,03%, 4) are together, there is a significant contribution of managerial ability, work ethic and work motivation on teacher performance with multiple contribution of 62,98.
keyword : principal of managerial ability, work ethic, work motivation, teacher performance



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.