KONTRIBUSI KONSEP DIRI, MOTIVASI BELAJAR, DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU SISWA KELAS IX SMP N 2 SUKASADA

MADE SARJANA ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd. ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi konsep diri, motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IX SMPN. 2 Sukasada. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah sampel 132 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpul data berupa kuesioner dan pencatatan dokumen, tes, analisis data dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri terhadap prestasi belajar Agama Hindu dengan koefisien korelasi sebesar 0,417 dan sumbangan efektifnya sebesar 4,97%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Agama Hindu dengan koefisien korelasi sebesar 0,446 dan sumbangan efektifnya sebesar 12,63%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar Agama Hindu dengan koefisien korelasi sebesar 0,545 dan sumbangan efektifnya sebesar 23,08%, 4) secara bersama sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara konsep diri, motivasi belajar, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar Agama Hindu dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,638 dan kontribusinya sebesar 40,07% terhadap prestasi belajar Agama Hindu Siswa Kelas IX SMPN. 2 Sukasada.Dengan demikian ketiga variabel tersebut dapat dijadikan prediktor kecendrungan peningkatan prestasi belajar Agama Hindu siswa kelas IX SMPN. 2 Sukasada.


Kata Kunci : motivasi belajar, konsep diri, disiplin belajar, prestasi belajar Agama Hindu

Abstract
This study aims to determine the contribution of self-concept, motivation to learn and the discipline of learning to the learning achievement Hinduism class IX students of SMPN. 2 Sukasada. This research is "ex-post facto" with a sample of 132 people. The samples in this study using random sampling techniques. Data collection tool was a questionnaire and recording documents, tests, analysis of the data by using simple regression, multiple regression, and partial correlation. The results showed that: 1) there is a significant contribution to the achievement of self-concept study Hinduism with a correlation coefficient of 0.417 and the effective contribution of 4.97%, 2) there is a significant contribution between motivation toward learning achievement Hinduism with correlation coefficients amounted to 0.446 and the effective contribution of 12.63%, 3) there is a significant contribution to the discipline of learning to learning achievement Hinduism with a correlation coefficient of 0.545 and the effective contribution of 23.08%, 4) are together, there is a significant contribution between self-concept, motivation to learn, and learn the discipline of the learning achievement Hinduism with multiple correlation coefficient of 0.638 and a contribution amounting to 40.07% of the learning achievement of Grade IX Hinduism SMPN. 2 Sukasada.Thus these three variables can be used as predictors of trend of increasing student learning achievement Hindu religion class IX SMPN. 2 Sukasada.

keyword : learning motivation, self-concept, learning discipline, academic achievement Hinduism



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.