Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Pada Peserta Didik di SMP Negeri 1 Kediri, Tabanan)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Kediri (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Kediri (3) untuk mendeskripsikan penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Kediri.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kediri, Tabanan pada tahun 2015, dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Subjek pene;itiannya adalah guru sejarah kelas VII, VIII, dan IX. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen untuk mendapatkan data berupa silabus dan RPP, sedangkan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data berupa perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yakni pengumpuan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah sudah cukup diterapkan oleh guru sejarah di SMP Negeri 1 Kediri. (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah sudah cukup diterapkan oleh guru sejarah di SMP Negeri 1 Kediri. (3) penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah kurang diterapkan oleh guru sejarah di SMP Negeri 1 Kediri.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Kediri masih perlu ditingkatakan lagi oleh karena itu, disarankan kepada guru sejarah, kepala sekolah, komite sekolah, dan dinas pendidikan bekerja sama dengan lebih intensif lagi untuk mendalami implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di sekolah.
Kata Kunci : Impementasi pendidikan karakter, pembelajaran sejarah
The purpose of this study were (1) to describe the implementation of character education through the teaching of history in SMP Negeri 1 Kediri (2) to describe the implementation of character education through the teaching of history in SMP Negeri 1 Kediri (3) to describe the character education assessment through the teaching of history in junior high school State 1 Kediri.
The research was conducted in SMP Negeri 1 Kediri, Tabanan in 2015, using a qualitative research design. Subject penelitiannya is a history teacher in grade VII, VIII, and IX. Collecting data using documents to obtain data in the form of a syllabus and lesson plans, while observation and interviews to obtain data in the form of planning, implementation and assessment of learning. Analysis of the data in this study using the qualitative data analysis procedures pengumpuan of data, data reduction, data presentation, and conclusion / verification.
The results showed that: (1) implementation of character education through the teaching of history is enough applied by history teacher at SMP Negeri 1 Kediri. (2) the implementation of character education through the teaching of history is enough applied by a history teacher at SMP Negeri 1 Kediri. (3) the assessment of character education through the teaching of history is less applied by a history teacher at SMP Negeri 1 Kediri.
It can be concluded that the implementation of character education through the teaching of history in SMP Negeri 1 Kediri still need ditingkatakan again therefore, suggested to the history teacher, principal, school committee and education department in collaboration with more intensive to deepen the implementation of character education through the teaching of history in schools.
keyword : Impementasi character education, the teaching of history
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kediri, Tabanan pada tahun 2015, dengan menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Subjek pene;itiannya adalah guru sejarah kelas VII, VIII, dan IX. Pengumpulan data menggunakan metode dokumen untuk mendapatkan data berupa silabus dan RPP, sedangkan observasi dan wawancara untuk mendapatkan data berupa perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisis data kualitatif yakni pengumpuan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan/ verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah sudah cukup diterapkan oleh guru sejarah di SMP Negeri 1 Kediri. (2) pelaksanaan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah sudah cukup diterapkan oleh guru sejarah di SMP Negeri 1 Kediri. (3) penilaian pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah kurang diterapkan oleh guru sejarah di SMP Negeri 1 Kediri.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMP Negeri 1 Kediri masih perlu ditingkatakan lagi oleh karena itu, disarankan kepada guru sejarah, kepala sekolah, komite sekolah, dan dinas pendidikan bekerja sama dengan lebih intensif lagi untuk mendalami implementasi pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di sekolah.
Kata Kunci : Impementasi pendidikan karakter, pembelajaran sejarah
The purpose of this study were (1) to describe the implementation of character education through the teaching of history in SMP Negeri 1 Kediri (2) to describe the implementation of character education through the teaching of history in SMP Negeri 1 Kediri (3) to describe the character education assessment through the teaching of history in junior high school State 1 Kediri.
The research was conducted in SMP Negeri 1 Kediri, Tabanan in 2015, using a qualitative research design. Subject penelitiannya is a history teacher in grade VII, VIII, and IX. Collecting data using documents to obtain data in the form of a syllabus and lesson plans, while observation and interviews to obtain data in the form of planning, implementation and assessment of learning. Analysis of the data in this study using the qualitative data analysis procedures pengumpuan of data, data reduction, data presentation, and conclusion / verification.
The results showed that: (1) implementation of character education through the teaching of history is enough applied by history teacher at SMP Negeri 1 Kediri. (2) the implementation of character education through the teaching of history is enough applied by a history teacher at SMP Negeri 1 Kediri. (3) the assessment of character education through the teaching of history is less applied by a history teacher at SMP Negeri 1 Kediri.
It can be concluded that the implementation of character education through the teaching of history in SMP Negeri 1 Kediri still need ditingkatakan again therefore, suggested to the history teacher, principal, school committee and education department in collaboration with more intensive to deepen the implementation of character education through the teaching of history in schools.
keyword : Impementasi character education, the teaching of history
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.