Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperati ftipe STAD (Student Team Achievement Division) Berbantuan Peta Konsep dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas VI Pada Siswa SD Gugus IV Abiansemal.

NI KADEK PUTRI INDRIANI ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp. ., PROF.DR.A.A. GEDE AGUNG, M.Pd. .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas VI, akibat penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep dan model pembelajaran Konvensional. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan factorial 2x2. Populasi berjumlah 196 orang siswa kelas VI SD Gugus IV Abiansemal, dengan 88 orang siswa sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner motivasi belajar dan tes hasil belajar IPA. Dianalisis dengan uji statistik Anava Dua Jalur (Anava AB) dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Konvensional (FA= 0,000 ,p<0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA (FAB= 0,008 ,p<0,05), (3) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep lebih tinggi daripada hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Konvensional untuk siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi (Q = 8,627 ,p<0,05), (4) hasil belajar IPA siswa yang mengikuti model Kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep lebih rendah daripada siswa yang mengikuti pembelajaran Konvensional untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (Q =3,66 ,p<0,05). Berdasarkan hasil tersebut disarankan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan peta konsep di sekolah dasar.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantuan peta konsep, Model Pembelajaran Konvensional, Motivasi Belajar SIswa dan Hasil Belajar IPA

The purpose of this study was to determine and describe the differences in the results of the sixth grade students learn science, due to the implementation of cooperative learning model type STAD assisted learning model concept maps and Conventional. This research is an experimental research by using a 2x2 factorial design. A population of 196 people six graders Cluster IV Abiansemal, with 88 students as a sample. Data were collected through questionnaires learning motivation and achievement test IPA. Analyzed by statistical tests Anova Two Line (Anava AB) and Tukey test. The results showed that: (1) Science learning outcomes of students who take cooperative learning model type STAD assisted concept map higher than the IPA learning results of students who take conventional learning models (FA = 0.000, p <0.05), (2) there was a significant interaction effect between learning model STAD Cooperative aided map concept and motivation toward science learning outcomes (FAB = 0.008, p <0.05), (3) Science learning outcomes of students who take cooperative learning model type STAD assisted concept map higher than the IPA learning results of students who take conventional learning model for students who have high motivation to learn (Q = 8.627, p <0.05), (4) Science learning outcomes of students who take the model type STAD Cooperative aided concept maps are lower than students who take Conventional learning for students who have a low learning motivation (Q = 3.66, p <0.05). Based on these results it is advisable to implement cooperative learning model type STAD-aided map concepts in elementary school.
keyword : Model Cooperative Learning STAD type of concept map-assisted, conventional learning model, students' motivation and Learning Outcomes IPA



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v6i1.1754

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.