ANALISIS BIAYA PENDIDIKAN DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI LOLOAN TIMUR

Muhammad . Nurlahuri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) satuan biaya keseluruhan yang diperlukan di MIN Loloan Timur tahun pelajaran 2010/2011. 2) besarnya biaya pendidikan yang ditanggung oleh pemerintah dan orang tua siswa di MIN Loloan Timur tahun pelajaran 2010/2011, 3) pengaruh biaya yang dikeluarkan oleh orang tua siswa (biaya langsung dan biaya tidak langsung) terhadap prestasi belajar siswa di MIN Loloan Timur tahun pelajaran 2010/2011. Dalam penelitian ini melibatkan 113 siswa dari 451 siswa.

Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, analisis product moment dan analisis regresi ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)  satuan biaya pendidikan per siswa per tahun adalah sebesar Rp  5.104.292,-  (2) perbandingan besar dana pemerintah pemerintah (termasuk gaji, tunjangan, investasi) dengan orang tua siswa adalah 53,14  :  46,86 % perbandingan besar dana pemerintah diluar gaji ,tunjangan dan investasi dengan dana orang tua siswa adalah 17,97 : 82,03  % (3) terdapat korelasi atau hubungan yang signifikan antara biaya langsung dan tidak langsung secara bersama sama dengan prestasi belajar siswa tahun pelajaran 2010/2011  melalui persamaan Y=61,386  + 0,008599  X1 +  0,001610 X2  dengan koefisien determinasi 0,271 atau 27 ,1 %  kontribusinya  27,1 %.

Kata kunci:  Satuan biaya pendidikan, biaya langsung, biaya tidak langsung, dan prestasi belajar.

 

ABSTRACT

This study aimed at finding out: 1) the total cost unit required by MIN Loloan Timur in the school year 2010/2011, 2) the amount of the educational cost that the government and the parents had to provide for the students of MIN Loloan Timur in the school year 2010/2011, and 3) the effect of the cost that the parents of the students ( direct cost and indirect cost) has provided  on the learning achievement of the students of MIN Loloan Timur in the school year 2010/2011.  This study involved 113 out of 451 students.

The data were analyzed  by using descriptive statistics, product moment correlation and multiple regression. The results showed that (1)  a student annual educational cost unit was Rp 5, 104, 292   (2) the ratio between  the government funding  ( including salaries, incentives, investment) and that of the parents  was  53.14%  to   46.86 %.  the ratio between  the government funding excluding salaries, incentives and investment  and  the parent funding was 17.97 % to 82.03 % , and (3)  there was a significant simultaneous correlation between direct cost and indirect cost    and   student learning achievement  in the school year 2010/2011 as shown by       the equation Y=61.386 +0.008599   X1 + 0.001610 X2  with  the determination coefficient of 0.271 or 27.1% contribution.

Key words:  educational cost unit, direct cost, indirect cost, and learning achievement




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.