PERANAN PENILAIAN AKREDITASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU SATUAN PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1 MELAYA

NI NYOMAN KARTINIASIH ., PROF. DR. I MADE YUDANA, M.Pd. ., DR. I GST. KETUT ARYA SUNU., M.Pd .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan mutu satuan pendidikan melalui penilaian akreditasi sekolah di SMPN 1 Melaya Kabupaten Jembrana. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dan bersifat deskriptif analitis dengan mendalami penilaian akreditasi sekolah di SMPN 1 Melaya Kabupaten Jembrana. Subjek penelitian ini adalah tentang pelaksanaan proses akreditasi di SMPN 1 Melaya, di Kabupaten Jembrana, Negara, Bali yang mengacu kepada 8 (delapan) standar Nasional Pendidikan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis melalui editing, koding dan tabulasi, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penilaian akreditasi yang dilaksanakan di SMP N 1 Melaya dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 1 Melaya, (2) kendala yang dihadapi sekolah dalam persiapan akreditasi adalah: a) Kurangnya kemampuan tim 8 SNP untuk bekerja sama, sehingga terkesan saling menyalahkan ketika ada dokumentasi kegiatan tidak dibuat, dan b) Kekurangnya Dana untuk biaya persiapan dan pelaksanaan akreditasi, karena dalam pelaksanaan penilaian itu banyak dokumen-dokumen yang dipesiapkan sebagai bukti fisik dan sarana penunjang pembelajaran yang harus diadakan. Untuk mengatasi kendala tersebut direkomendasikan hal-hal sebagai berikut. a) Kepala Sekolah harus mampu menjembatani dan Tim 8 Standar harus membagi pekerjaan sesuai standard yang didapat. Tanamkan rasa saling memiliki dan tanggung jawab, dan b) sekolah harus memprioritas sarana dan prasarana yang sangat urgen untuk menunjang proses pembelajaran, karena sekolah hanya mengelola Dana BOS, tanpa ada dana partisipasi masyarakat.
Kata Kunci : mutu satuan pendidikan, akreditasi sekolah

This study aims to measure improvements in school quality through accreditation assessment of the school in SMPN 1 Melaya Jembrana. This study uses a case study approach and a descriptive analytical steeped school accreditation at SMPN 1 Melaya Jembrana. This research subject is about the implementation of the accreditation process in SMPN 1 Melaya, in Jembrana District, State, Bali referring to the 8 (eight) of the National Education standards. The data have been collected and analyzed through editing, coding and tabulation, then drawn a conclusion. The results showed that: (1) Ratings accreditation conducted in SMP N 1 Melaya can improve the quality of education in SMP Negeri 1 Melaya, (2) problems in the school in preparation for accreditation are: a) lack of ability of the team 8 SNP to cooperate, so impressed blame when there is documentation of activities was not made, and b) Kekurangnya Fund for the cost of preparation and implementation of accreditation, as in the execution of the votes many documents dipesiapkan as physical evidence and means of supporting learning should be held. To overcome these obstacles recommended the following matters. a) the principal should be able to bridge and Team 8 Standards should divide the work according to standards obtained. Instill a sense of belonging and responsibility, and b) the school should prioritize infrastructure is very urgent to support the learning process, because the school only manage BOS funds, without any public participation fund.
keyword : school quality, school accreditation



DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v8i1.2258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.