Kontribusi Kompetensi Pedagogik, Iklim Kerja, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru Olahraga SMA di Kabupaten Badung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi pedagogik, iklim kerja, dan etos kerja terhadap kinerja guru olahraga SMAdi kabupaten badung. Penelitian ini tergolong ex-post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 35 orang dan keseluruhan menjadi sampel penelitian karena jumlah populasi di bawah 100. Data kompetensi pedagogik, iklim kerja, etos kerja dan kinerja guru-guru olah raga SMA dikumpulkan dengan kuesioner model skala likert. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda 3 prediktor dan sumbangan efektif. Temuan penelitian ini adalah; (1) terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi = 65,795 + 0,540X1 dengan kontribusi sebesar 29,6% dan sumbangan efektif sebesar 10,1%., (2) terdapat kontribusiyang signifikan iklim kerja terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi: = 50,089 + 0,737X2 dengan kontribusi sebesar 37,2% dan sumbangan efektif sebesar 16,5%, (3) terdapat kontribusiyang signifikan etos kerja guru terhadap kinerja guru melalui persamaan garis regresi = 55,531 + 0,653 X3 dengan kontribusi sebesar 38,8% atau sumbangan efektif sebesar 15,9%, dan (4) secara bersama-sama terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi pedagogik, iklim kerja, dan etos kerja terhadap kinerja guru-guru olah raga SMA se-Kabupaten Badung melalui persamaan garis regresi = 26,844 + 0,208X1 + 0,370X2 + 0,302X3 dengan kontribusi sebesar 42,5%. Dengan demikian maka ke tiga variabel tersebut dapat dijadikan predictor tingkat kecendrungan kinerja guru olah raga SMA se-Kabupaten Badung.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, iklim kerja, etos kerja,kinerja guru-guru olah raga
Full Text:
PDFReferences
Abdul, Wahab dan Umiarso. 2011. Kependidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz.
Aca, I Wayan. 2013. Kontribusi Kompetensi Profesional, Supervisi Pendidikan, dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru SMP Negeri 2 Amlapura. Thesis: Program Studi Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Anoraga,Panji dan Sri Suryanti.1995.Psikologi Perusahaan.Jakarta:Rineka Cipta.
Anoraga, P. 1998. Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Damayanti. 2009. Pengaruh Motivasi Kerja Karyawan Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan CV. Bening Natural Furniture Di Semarang. Skripsi. Semarang : Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro.
Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Danim, Sudarman 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Penerbit Rineka Cipta.
Dantes, Nyoman. 2007. Seritifikasi Guru dalam Jabatan antara Tantangan dan Peluang. Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja. Diakses dari: https://nyomandantes.wordpress.com/2009/09/30/sertifikasi-guru-dalam-jabatanantara-tantangan-dan-peluang/
Depdikbud. 1995. Petunjuk Teknis Ketentuan Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta : Depdikbud.
Depdiknas. 2000. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Depdikbud. 2002. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (buku 1, 2, 3, 4). Jakarta : Depdiknas, Dirjen Dikdasmen.
Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.
Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi. 2001.Reformasi Pendidikan Dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Jensen, H. Sinamo, 2002, Ethos 21. Ethos Profesional di Era Digital Global, Jakarta: Institut Dharma Mahardika.
Kardiman. 2003.Ekonomi. Jakarta: Yudhistira.
Kartono, Kartini. 2006. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Koyan, I Wayan. 2012. Buku Ajar 2012; Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Kusnan, Ahmad, 2004. Analisis Sikap Iklim Organisasi, Etos Kerja dan Disiplin Kerja dalam Menentukan Efektivitas Kinerja Organisasi di Garnisun Tetap III Surabaya. Tesis. Universitas Airlangga, Surabaya.
Mink. 1993. A Dale Timpe. 1999. Seri Manajemen Sumber Daya Manusia (Kinerja/Performance), Cetakan 4. Jakarta, PT Elek Media Komputindo.
Morgan, Gareth; Burrell, Gibson, 1979 Sociological Paradigms and Organizational Analysis, London, Exeter, New Hampshire, Heinemann.
Mulyasa. 2006. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Edisi-10.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Ndraha, Taliziduhu. 2005. Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.
Novliadi, Ferry. 2009. Hubungan Antara Organization-Based Self-Esteem Dengan Etos Kerja. Fakultas Psikologi, Universitas Sumatera Utara. USU e-Repository.
Owens, 1991. Organisational Behavior in education. Bonston: Allyn and Bacon.
Prawirosentono, Suyadi. 1992. Ilmu Manajemen Umum. Jakarta: Bumi Aksara
Republik Indonesia. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2005. Undang-undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara. Jakarta.
Republik Indonesia. 2008. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru. Sekretariat Negara. Jakarta.
Robbins, StephenP. 1984. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia. PT. Prentihalindo, Jakarta.
Robbins. S. P. 1996.Perilaku Organisasi, Jilid 2. Prehallindo: Jakarta.
Rosmiani. 1996.Etos Kerja Nelayan Muslim Di Desa Paluh Sebaji Deli serdang Sumatera utara; Hubungan Antara kualitas Keagamaan dengan Etos Kerja. Thesis, Kerja Sama Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Negeri Jakarta & Pasca Sarjana UI Jakarta.
Safaria, Trianto. 2004. Kepemimpinan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Samani Muchlas. 2006. Mengenal Sertifikasi Guru di Indonesia. Surabaya: SIC dan Asosiasi Peneliti Pendidikan Indonesia.
Salirawati. 2009. Kiat-kiat menjadi guru Profesional. Makalah: disampaikan dalam Workshop Peningkatan Profesionalisme Guru SMA Negeri 1 Purbalingga, tanggal 20 – 21 Desember 2009 di SMA N 1 Purbalingga.
Sedaramayanti. 2001. Sumber daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.
Sergiovanni, T.J. 1987. The Principalship: A Reflective Practice Perspective. Boston: Ally and Bacon.
Sinamo, Jansen. 2005. Delapan Etos Kerja Professonal. Jakarta: Institut Mahardika.
Subamia, I Wayan. 2009. Kontribusi Faktor Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru: Studi Pada Para Guru SMA Negeri Unggulan di Kota Denpasar. Tesis: Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.
Sukarman, Herry. 2007. Membangun Etos Kerja Dikalangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Bandung P4TK IPA.
Sukmadinata, Nana Staodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sulistyorini, 2001. Hubungan antara Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi dengan Kinerja Guru. Ilmu Pendidikan: 28 (1) 62-70.
Supardi dan Anwar. 2004. Motivasi Kerja. Puri Arsita Anam. Yogyakarta.
Suparlan. 2008.Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.
Supriadi. 2011. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Suroso. 2002. In Memorian Guru. Jendela. Yogyakarta.
Thoha, Miftah. 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Implikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2718
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.