Studi Evaluatif Tentang Implementasi Program Praktik Kerja Industri (Prakerin) di Program Studi Keahlian Agro Bisnis Produksi Tanaman SMKN 1 Petang
Abstract
Studi evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan Program Praktik Kerja Industri (prakerin) di Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman SMK N 1 Petang. Penelitian ini menggunakan model Context, Input, Process and Product (CIPP). Responden dalam penelitian ini berjumlah 89 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa di SMKN 1 Petang. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner model skala Likert yang mencakup komponen konteks, masukan, proses dan produk. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan terlebih dahulu mengubah skor menjadi skor t dan menentukan arahnya ke dalam kuadran Glickman. Temuan penelitian ini adalah; (1) dari segi konteks, penerapan Prakerin tergolong efektif, (2) dari segi masukan, penerapan prakerin tergolong efektif, (3) dari segi proses, penerapan prakerin tergolong efektif, dan (4) dari segi produk, penerapan prakerin tergolong efektif. Sehingga, berdasarkan kuadran Glickman (++++), penerapan Program Praktik Kerja Industri (prakerin) di Program Studi Keahlian Agribisnis Produksi Tanaman di SMKN 1 Petang berada dalam kategori efektif. Kendala utama yang masih dihadapi adalah masih kurangnya kerjasama pihak sekolah dengan pihak DU/DI baik dalam menyusun kurikulum, standar kompetensi lulusan yang diinginkan dan keterserapan siswa di dunia kerja.
Kata Kunci : prakerin, studi eveluatif
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, H Abu. 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Budiningsih, C Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Chan, Sam M. (2005). Kebijakan Pendidikan Era Otonomi Daerah. Jakarta: Grafindo
Danim, Sudarwan. 2003. Menjadi Komunitas Pembelajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Darmada, I Made. 2001. Kompetensi Kejuruan Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan di Denpasar dan sekitarnya. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta
Gunawan, Ary H. 2000. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Gerungan. W. A. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Hadiyanto .(2004). Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
Hendrawati, Andriani. 2014. Kontribusi Sarana Prasarana Belajar, Bimbingan Karier Kejuruan, Dan Praktek Kerja Industri Terhadap Kompetensi Kejuruan Lulusan SMK Se-Kecamatan Karangasem. Tesis (Tidak diterbitkan ). Singaraja. Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
`
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i1.2744
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.