Kontribusi Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana, Kepemimpinan Pelayanan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Guru SMP di Kecamatan Gerokgak

Luh Putu Sri Utami, Anak Agung Gede Agung, Dewa Gede Hendra Divayana

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya penyimpangan-penyimpangan perilaku karena kurang siapnya warga sekolah menghadapi kemajuan teknologi di era globalisasi ini, dimana hal ini dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternalnya adalah implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana dan kepemimpinan pelayan kepala sekolah.Faktor internalnya adalah kepuasan kerja dan komitmen organisasional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayanan kepala sekolah, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Gerokgak.Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan teknik analisis jalur (path analysis)dengan besar sampel 138 orang.Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen.Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana (X1) terhadap kepuasan kerja (X3) guru SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,664. 2) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana (X1) dengan komitmen organisasional (X4) guru SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,523. 3) tidak terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana (X1) melalui komitmen organisasional  (X4) terhadap kinerja guru (Y) guru SMP di Kecamatan Gerokgak.  Nilai pengaruh langsung sebesar 0,492 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,126 yang berarti bahwa nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X4 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Y. 4) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana (X1) dengan kepemimpinan pelayanan kepala sekolah  (X2) guru SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,347. 5) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara kepemimpinan pelayanan kepala sekolah (X2) dengan kepuasan kerja (X3) guru SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,495. 6) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara kepemimpinan pelayanan kepala sekolah (X2) dengan komitmen organisasional (X4) guru SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,463. 7) tidak terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara kepemimpinan pelayanan kepala sekolah (X2) melalui kepuasan kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) SMP di Kecamatan Gerokgak. Nilai pengaruh langsung sebesar 0,201 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,059 yang berarti bahwa nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X2 melalui X3 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Y. 8) tidak terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara kepemimpinan pelayanan kepala sekolah (X2) melalui komitmen organisasional (X4) terhadap kinerja guru (Y) SMP di Kecamatan Gerokgak. Nilai pengaruh langsung sebesar 0,201 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,066 yang berarti bahwa nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X2 melalui X4 mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Y. 9) tidak terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara Implementasi Manajemen Sekolah Berbasis Nilai-nilai Kearifan Lokal Tri Hita Karana (X1) melalui kepuasan kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) SMP di Kecamatan Gerokgak. Nilai pengaruh langsung sebesar 0,492 dan pengaruh tidak langsung sebesar 0,125 yang berarti bahwa nilai pengaruh langsung lebih besar dibandingkan dengan nilai pengaruh tidak langsung, hasil ini menunjukkan bahwa secara tidak langsung X1 melalui X3mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap Y. 10) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara kepuasan kerja (X3) terhadap kinerja guru (Y) SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,783. 11) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara kepemimpinan pelayanan kepala sekolah (X2) terhadap  kinerja guru (Y) SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,579. 12) terdapat kontribusi secara langsung yang signifikan antara implementasi manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana (X1) terhadap kinerja guru (Y) SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,821. 13) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan pelayanan kepala sekolah, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,917 dan kontribusinya sebesar 84,1% terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Gerokgak.

Kata kunci: manajemen sekolah berbasis nilai-nilai kearifan lokal Tri Hita Karana, kepemimpinan, kepuasan kerja, komitmen organisasional, kinerja guru


Full Text:

PDF

References


Agung, Anak Agung Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Agung, Anak Agung Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta; Depublish.

Ardhana, W. 1987.Bacaan Pilihan dalam Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asf, Jasmani dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan. Yogjakarta: ArRuzz Media.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamzah, B. Uno.2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.

Rohiat.2010. Manajemen Sekolah Teori Dasar dan Praktek. Bandung: PT. Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Wallen, Norman E. 1993. Educational Research A Guide to The Process. California: Wadsworth Publishing Company.




DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal ini diterbitkan oleh :



Universitas Pendidikan Ganesha


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:

 

 Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch 


Creative Commons License

Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.