Kontribusi Status Sosial Ekonomi, Motivasi Berprestasi, Budaya Sekolah, dan Disiplin Belajar, Terhadap Hasil Belajar IPS Ekonomi Pada Siswa Kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi status sosial ekonomi, motivasi berprestasi, budaya sekolah, dan disiplin belajar, terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan besar sampel 300 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada kontribusi yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,408 dan sumbangan efektifnya sebesar 8,64%. 2) ada kontribusi yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak. dengan koefisien korelasi sebesar 0,406 dan sumbangan efektifnya sebesar 9,45%. 3) ada kontriubusi yang signifikan antara budaya sekolah terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,339 dan sumbangan efektifnya sebesar 6,55%. 4) ada kontriubusi yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi sebesar 0,219 dan sumbangan efektifnya sebesar 2,95%. 5) secara bersama-sama, ada kontribusi yang signifikan antara status sosial ekonomi, motivasi berprestasi, budaya sekolah, dan disiplin belajar terhadap hasil belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,525 dan kontribusinya sebesar 27,6% terhadap hasil belajar IPS Ekonomi siswa kelas IX di SMP Kecamatan Gerokgak.
Kata kunci: status sosial ekonomi, motivasi berprestasi, budaya sekolah, disiplin belajar, hasil belajar IPS Ekonomi
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1995. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka
Astuti, Albertin Dwi. 2015. Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas X Jurusan Tata Boga SMK Negeri 3 Klaten. Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta.
Chotimah, dkk. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Tesis.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Davis, G. & Thomas, M. 1996. Effectif School and Effective Teacher. Boston: Allyn & Bacon
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Bumi Aksara.
Hamzah, B. Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksana.
Hasbullah, 2002. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Jamaluddin, Ahmad. 2008. Metode Penelitian Administrasi Publik (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Margono, S. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Miswati. 2012. Kontribusi Kualitas Pembelajaran, Motivasi Berprestasi, dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Tesis.
Nazir, Muhammad. 1988. Metode Penelitian. Jakarta:Ghalia Indonesia
Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Belajar Kooperatif. Diktat Perkuliahan Mahasiswa Unipas.
Robbins, Stephen P. 1994. Perilaku Organisasi, Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. Alih Bahasa : Hadyana Pujaatmaka. Edisi Keenam. Jakarta: PT.Bhuana Ilmu Populer.
Sardiman. 2000. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar . Jakarta : Rajagrafindo Persada
Slameto. 1991. Belajar dan Fakor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rieneka Cipta
Slavin, Robert E. 2001. Educational Psychology: Theory and Practice.Pearson. New Jersey: Education.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiantara. 2013. Determinasi Kualitas Pengelolaan Pembelajaran, Disiplin Belajar, dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X di SMK PGRI 5 Denpasar. Tesis.
Woolfolk. 2000. Educational Psychology. Boston: Pearson Educational.
DOI: https://doi.org/10.23887/japi.v9i2.2783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal ini diterbitkan oleh :
Universitas Pendidikan Ganesha
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia indexed by:
Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.